MENTERI KEUANGAN

REPUBLIK INDONESIA

SALINAN

PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 13/PMK.05/2012


TENTANG


TARIF LAYANAN BADAN LAYANAN UMUM UNIVERSITAS HASANUDDIN
PADA KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA,

 

Menimbang

:

a.

bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 9 Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, tarif layanan instansi yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum ditetapkan oleh Menteri Keuangan atas usulan menteri/pimpinan lembaga;

   

b.

bahwa Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah ditetapkan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 280/KMK.05/2008;

   

c.

bahwa Menteri Pendidikan Nasional melalui Surat Nomor: 9338/A.A3/KU/2011 tanggal 11 Maret 2011, telah mengajukan usulan tarif layanan Badan Layanan Umum Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;

   

d.

bahwa usulan tarif layanan Badan Layanan Umum Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah dibahas dan dikaji oleh Tim Penilai;

   

e.

bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d, perlu menetapkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;

Mengingatg

:

1.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4286);

   

2.

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4355);

   

3.

Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 48, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4502);

   

4.

Keputusan Presiden Nomor 56/P Tahun 2010;

   

MEMUTUSKAN:

Menetapkan

:

PERATURAN MENTERI KEUANGAN TENTANG TARIF LAYANAN BADAN LAYANAN UMUM UNIVERSITAS HASANUDDIN PADA KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.

 

Pasal 1

   

Tarif layanan Badan Layanan Umum Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah imbalan atas jasa layanan yang diberikan oleh Badan Layanan Umum Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Pasal 2

   

Tarif layanan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1, terdiri dari:

   

a.

Tarif Pendaftaran Mahasiswa Baru;

   

b.

Tarif Registrasi;

   

c.

Tarif Basic Study Skill;

   

d.

Tarif Pembinaan Kemahasiswaan;

   

e.

Tarif Matrikulasi;

   

f.

Tarif Sumbangan Pembinaan Pendidikan;

   

g.

Tarif Biaya Operasional Pendidikan;

   

h.

Tarif Sumbangan Pelaksanaan Program Pendidikan;

   

i.

Tarif Praktikum;

   

j.

Tarif Kuliah Kerja Nyata;

   

k.

Tarif Wisuda;

   

l.

Tarif Legalisir;

   

m.

Tarif Asrama untuk Mahasiswa;

   

n.

Tarif Rusunawa untuk Mahasiswa;

   

o.

Tarif Tiket Masuk Kolam Renang;

   

p.

Tarif Penggunaan Fasilitas Auditorium Dalam Rangka Menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi;

   

q.

Tarif Penggunaan Ruangan/Tempat untuk Menunjang Pelayanan Mahasiswa; dan

   

r.

Tarif Dana Pengembangan Program.

 

Pasal 3

   

Tarif layanan Badan Layanan Umum Universitas Hasanudin pada kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a sampai dengan huruf q tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

 

Pasal 4

   

(1)

Tarif Dana Pengembangan Program sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf r ditetapkan dengan Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

   

(2)

Penetapan tarif Dana Pengembangan Program sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan sesuai dengan kemampuan keuangan Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan mengacu pada aspek:

     

a.

kontinuitas dan pengembangan layanan;

     

b.

daya beli masyarakat;

     

c.

asas keadilan dan kepatutan; dan

     

d.

kompetisi yang sehat.

   

(3)

Rektor Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan wajib menyampaikan salinan Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin sebagaimana dimaksud pada ayat (1) kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan kepada Menteri Keuangan.

 

Pasal 5

   

(1)

Badan Layanan Umum Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat memberikan jasa layanan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat berdasarkan kebutuhan dari pihak pengguna jasa melalui perjanjian/kontrak kerja sama.

   

(2)

Tarif layanan Badan Layanan Umum Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan berdasarkan perjanjian/kontrak kerja sama antara Rektor Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan pihak pengguna jasa.

   

(3)

Rektor Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan wajib menyampaikan laporan pelaksanaan kerjasama disertai dengan ringkasan kontrak kerjasama dengan pihak pengguna jasa kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan kepada Menteri Keuangan.

 

Pasal 6

   

(1)

Badan Layanan Umum Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat melakukan Kerja Sama Operasional (KSO) dengan pihak lain untuk meningkatkan layanan jasa di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

   

(2)

Tarif layanan yang berasal dari KSO dengan pihak lain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan berdasarkan kontrak kerja sama antara Rektor Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan pihak lain.

   

(3)

Rektor Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan wajib menyampaikan copy dokumen kontrak kerja sama dengan pihak lain kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan kepada Menteri Keuangan.

   

(4)

KSO sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak termasuk KSO pemanfaatan aset.

 

Pasal 7

   

(1)

Badan Layanan Umum Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat memberikan layanan Rumah Sakit Pendidikan dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut untuk menunjang kegiatan layanan di bidang pendidikan, kesehatan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, berdasarkan pada ketentuan yang berlaku.

   

(2)

Tarif layanan Rumah Sakit Pendidikan dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan mengacu pada aspek:

     

a.

kontinuitas dan pengembangan layanan;

     

b.

daya beli masyarakat;

     

c.

asas keadilan dan kepatutan; dan

     

d.

kompetisi yang sehat.

   

(3)

Rektor Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan wajib menyampaikan salinan Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin sebagaimana dimaksud pada ayat (2) kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan kepada Menteri Keuangan.

 

Pasal 8

   

(1)

Terhadap mahasiswa dari keluarga miskin, mahasiswa teladan, dan/atau mahasiswa berprestasi nasional dalam bidang olah raga dan seni dapat diberikan tarif layanan sebesar 0% (nol persen) dari tarif Sumbangan Pembinaan Pendidikan.

   

(2)

Pemberian tarif layanan sebesar 0% (nol persen) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dengan mempertimbangkan kondisi keuangan Badan Layanan Umum Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

   

(3)

Mahasiswa dari keluarga miskin, mahasiswa teladan, dan/atau mahasiswa berprestasi nasional dalam bidang olah raga dan seni yang dapat diberikan tarif layanan sebesar 0% (nol persen) dari tarif Sumbangan Pembinaan Pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Pasal 9

   

Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.

   

Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.

           
         

Ditetapkan di Jakarta

         

pada tanggal 30 Januari 2012

         

MENTERI KEUANGAN,

           
          ttd.
           
          AGUS D.W. MARTOWARDOJO
           

Diundangkan di Jakarta

 

pada tanggal 30 Januari 2012

 

MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA,

 
   
ttd.  
   
AMIR SYAMSUDIN  
   
BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2012 NOMOR 126  

 

 

               LAMPIRAN
 

PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK

 

INDONESIA  NOMOR    13/PMK.05/2012

 

              TENTANG

 

TARIF   LAYANAN  BADAN  LAYANAN  UMUM

 

UNIVERSITAS         HASANUDDIN         PADA

 

KEMENTERIAN           PENDIDIKAN          DAN

                KEBUDAYAAN

 

 

TARIF LAYANAN BADAN LAYANAN UMUM UNIVERSITAS HASANUDDIN
PADA KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
 

No

Jenis layanan

Satuan

Tarif (Rp)

1.

Pendaftaran Mahasiswa Baru

   
 

a.

Jalur Non Subsidi (JNS) dan Jalur Pembinaan Olah Raga, Seni dan Keilmuan (POSK) (S1) Per calon mahasiswa

200.000,-

 

b.

Program Reguler Magister (S2) Per calon mahasiswa

350.000,-

 

c.

Program Non Reguler Magister (S2) Per calon mahasiswa

600.000,-

 

d.

Program Reguler Doktor (S3) Per calon mahasiswa

600.000,-

 

e.

Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Per calon mahasiswa

600.000,-

 

f.

Program Profesi Akuntan dan Program Profesi Apoteker Per calon mahasiswa

200.000,-

 

g.

Warga Negara Asing Per calon mahasiswa

1.665.000,-

         
2.

Registrasi

   
 

a.

Mahasiswa Baru (S1) Per mahasiswa

350.000,-

 

b.

Mahasiswa Program Profesi Akuntan dan Program Profesi Apoteker Per mahasiswa

200.000,-

 

c.

Mahasiswa Program Pascasarjana:  

 

 

 

1) Magister Reguler  

 

 

 

  a) Angkatan 2004/2005 s.d. 2005/2006 Per mahasiswa per semester

100.000,-

 

 

  b) Angkatan 2006/2007 Per mahasiswa per semester

150.000,-

 

 

  c) Angkatan 2007/2008 s.d. 2009/2010 Per mahasiswa per semester

150.000,-

 

 

  d) Angkatan 2010/2011 dan seterusnya Per mahasiswa per semester

150.000,-

 

 

2) Magister Non Reguler  

 

      a) Angkatan 2006/2007 Per mahasiswa per semester

150.000,-

      b) Angkatan 2007/2008 s.d. 2009/2010 Per mahasiswa per semester

200.000,-

      c) Angkatan 2010/2011 dan seterusnya Per mahasiswa per semester

200.000,-

    3) Doktor  

 

      a) Angkatan 2004/2005 s.d. 2005/2006 Per mahasiswa per semester

100.000,-

      b) Angkatan 2006/2007 Per mahasiswa per semester

150.000,-

      c) Angkatan 2007/2008 s.d. 2009/2010 Per mahasiswa per semester

150.000,-

      d) Angkatan 2010/2011 dan seterusnya Per mahasiswa per semester

150.000,-

             
3.

Basic Study Skill

 

 

 

-

Mahasiswa Baru S1 Per mahasiswa

125.000,-

             
4.

Pembinaan Kemahasiswaan

   
 

-

Mahasiswa Baru S1 Per mahasiswa

350.000,-

           

 

5.

Matrikulasi

 

 

 

a.

Program Reguler Magister (S2) Per mahasiswa

750.000,-

 

b.

Program Non Reguler Magister (S2) Per mahasiswa

750.000,-

 

 

       

 

6.

Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)

 

 

 

a.

Program Sarjana/Profesi  

 

 

 

1) Bidang Ilmu Sosial (Fakultas Ekonomi, Hukum, ISIPOL dan Sastra):  

 

 

 

  a) Angkatan 2005/2006 s.d. 2007/2008 Per mahasiswa per semester

600.000,-

 

 

  b) Mahasiswa dari jalur penerimaan JPPB/POSK/UMB/SNMPTN angkatan 2008/2009 dan seterusnya Per mahasiswa per semester

600.000,-

 

 

  c) Mahasiswa dari Jalur Non Subsidi angkatan 2008/2009 dan seterusnya Per mahasiswa per semester

1.200.000,-

 

 

  d) Mahasiswa Jalur Susulan angkatan 2008/2009 Per mahasiswa per semester

2.000.000,-

 

 

2) Bidang Ilmu Eksakta  

 

 

 

  a) Mahasiswa Profesi Fakultas Kedokteran, MIPA, Kedokteran Gigi:  

 

 

 

    1) Angkatan 1997/1998 s.d. 1998/1999 Per mahasiswa per semester

180.000,-

 

 

    2) Angkatan 1999/2000 s.d. 2001/2002 Per mahasiswa per semester

360.000,-

 

 

  b) Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Teknik, Pertanian, MIPA, Peternakan, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Kelautan dan Perikanan, Kehutanan dan Farmasi:  

 

 

 

    1) Angkatan 2002/2003 Per mahasiswa per semester

500.000,-

 

 

    2) Angkatan 2003/2004 s.d. 2007/2008 Per mahasiswa per semester

750.000,-

 

 

    3) Angkatan 2008/2009 dan seterusnya dari Jalur JPPB/POSK/UMB/SNMPTN Per mahasiswa per semester

750.000,-

 

 

    4) Angkatan 2008/2009 dan seterusnya dari Jalur Non Subsidi Per mahasiswa per semester

1.500.000,-

 

 

    5) Angkatan 2008/2009 dan seterusnya dari Jalur Susulan Per mahasiswa per semester

2.500.000,-

 

 

  c) Jalur Non Subsidi Kelas Internasional Kedokteran angkatan 2009/2010 dan seterusnya Per mahasiswa per semester

3.000.000,-

 

b.

Warga Negara Asing untuk Semua Fakultas  

 

    1) Angkatan 2004/2005 Per mahasiswa per semester

16.187.500,-

    2) Angkatan 2005/2006 Per mahasiswa per semester

18.500.000,-

 

 

3) Angkatan 2006/2007 dan seterusnya Per mahasiswa per semester

27.750.000,-

 

c.

Program Profesi Apoteker (PPA)  

 

    1) Program Pendidikan Apoteker Per mahasiswa per semester

1.500.000,-

 

 

2) Program Kerjasama Dalam Negeri Per mahasiswa per semester

2.500.000,-

 

d.

Program Profesi Akuntan Per mahasiswa per semester

1.000.000,-

 

e.

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)  

 

    1) Anestesiologi Per mahasiswa per semester

5.000.000,-

    2) Ilmu Bedah Umum Per mahasiswa per semester

10.000.000,-

    3) Ilmu Bedah Orthopedi & Traumatologi Per mahasiswa per semester

10.000.000,-

    4) Ilmu Bedah Anak Per mahasiswa per semester

10.000.000,-

    5) Kardiologi dan Kedokteran Vascular Per mahasiswa per semester

10.000.000,-

    6) Ilmu Kedokteran Jiwa Per mahasiswa per semester

5.000.000,-

    7) Ilmu Kesehatan Anak Per mahasiswa per semester

10.000.000,-

    8) Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Per mahasiswa per semester

5.000.000,-

    9) Ilmu Kesehatan Mata Per mahasiswa per semester

10.000.000,-

    10) Ilmu Kesehatan THT-KL Per mahasiswa per semester

10.000.000,-

    11) Obstetri dan Ginekologi Per mahasiswa per semester

10.000.000,-

    12) Ilmu Penyakit Dalam Per mahasiswa per semester

10.000.000,-

    13) Ilmu Penyakit Syaraf Per mahasiswa per semester

5.000.000,-

    14) Patologi Klinik Per mahasiswa per semester

10.000.000,-

    15) Patologi Anatomi Per mahasiswa per semester

5.000.000,-

    16) Kedokteran Forensik Per mahasiswa per semester

5.000.000,-

 

 

17) Radiologi Per mahasiswa per semester

5.000.000,-

 

f.

Program Pascasarjana  

 

 

 

1) Magister Reguler  

 

      a) Angkatan 2004/2005 s.d. 2006/2007 Per mahasiswa per semester

2.500.000,-

 

 

  b) Angkatan 2007/2008 s.d. 2010/2011 dan seterusnya Per mahasiswa per semester

4.000.000,-

 

 

2) Magister Non Reguler  

 

      a) Angkatan 2006/2007 Per mahasiswa per semester

4.000.000,-

 

 

  b) Angkatan 2007/2008 s.d. 2010/2011 dan seterusnya Per mahasiswa per semester

6.000.000,-

 

 

3) Doktor  

 

      a) Angkatan 2004/2005 s.d. 2006/2007 Per mahasiswa per semester

3.500.000,-

 

 

  b) Angkatan 2007/2008 s.d. 2010/2011 dan seterusnya Per mahasiswa per semester

6.500.000,-

 

g.

Program Reguler Sore  

 

 

 

1) Fakultas Bidang Ilmu Sosial Angkatan 2004/2005 s.d. 2007/2008  

 

      (1) SPP Per mahasiswa per semester

1.000.000,-

 

 

  (2) SKS Per mahasiswa per SKS

40.000,-

 

 

2) Fakultas Bidang Ilmu Eksakta Angkatan 2004/2005 s.d. 2007/2008  

 

      (1) SPP Per mahasiswa per semester

1.500.000,-

 

 

  (2) SKS Per mahasiswa per SKS

50.000,-

 

h.

Program Magister Kenotariatan

Per mahasiswa per semester

7.000.000,-

 

i.

Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis

Per mahasiswa per semester

6.000.000,-

 

j.

Program Studi Lanjutan Program Sarjana Fakultas Teknik Per mahasiswa per semester

2.500.000,-

 

 

         

 

7.

Biaya Operasional Pendidikan

 

 

 

a.

Program Studi Keperawatan dan Fisioterapi Per mahasiswa per semester

2.250.000,-

 

b.

Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Per mahasiswa per semester

500.000,-

 

 

         

 

8.

Sumbangan Pelaksanaan Program Pendidikan (SP3)

 

 

 

-

Program Spesialis Fakultas Kedokteran Gigi Per mahasiswa

25.000.000,-

 

 

         

 

9.

Praktikum

 

 

 

-

Program Sarjana Fisika Reguler B Per mahasiswa per semester

1.750.000,-

       

10.

Kuliah Kerja Nyata (Semua Fakultas)

Per mahasiswa

650.000,-

11.

Wisuda

Per mahasiswa

250.000,-

12.

Legalisir

 

 

 

a.

Ijazah  

 

    1) Ijazah (Bahasa Indonesia) Per lembar

5.000,-

 

 

2) Transkrip Nilai (Bahasa Indonesia) Per lembar

5.000,-

 

b.

Terjemahan  

 

    1) Ijazah (Bahasa Inggris) Per lembar

5.000,-

 

 

2) Transkrip Nilai (Bahasa Inggris) Per lembar

100.000,-

 

 

         

 

13.

Asrama untuk Mahasiswa

 

 

 

-

Unit I, Unit II, dan Unit III Per kamar per tahun

1.650.000,-

 

 

         

 

14.

Rusunawa untuk Mahasiswa

 

 

 

a.

Blok Satu  

 

    1) Lantai satu Per kamar per bulan

700.000,-

 

 

2) Lantai dua Per kamar per bulan

1.300.000,-

    3) Lantai tiga Per kamar per bulan

650.000,-

    4) Lantai empat Per kamar per bulan

600.000,-

 

 

5) Lantai lima Per kamar per bulan

600.000,-

 

b.

Blok Dua  

 

    1) Lantai satu Per kamar per bulan

700.000,-

 

 

2) Lantai dua Per kamar per bulan

700.000,-

    3) Lantai tiga Per kamar per bulan

650.000,-

    4) Lantai empat Per kamar per bulan

600.000,-

 

 

5) Lantai lima Per kamar per bulan

600.000,-

 

c.

Gedung A  

 

    1) Tipe I Per kamar per bulan

600.000,-

 

 

2) Tipe II Per kamar per bulan

500.000,-

 

d.

Gedung B Per kamar per bulan

500.000,-

 

e.

Gedung C Per kamar per bulan

500.000,-

 

f.

Gedung D  

 

    1) Tipe I Per kamar per bulan

600.000,-

    2) Tipe II Per kamar per bulan

500.000,-

             

 

15. Tiket Masuk Kolam Renang  

 

 

a.

Mahasiswa Unhas Per orang

3.000,-

 

b.

Umum  

 

    1) Hari Kerja (Senin s.d. Jumat)  

 

      a) Anak-Anak Per orang

5.000,-

      b) Dewasa Per orang

10.000,-

    2) Hari Libur, Sabtu dan Minggu  

 

      a) Anak-Anak Per orang

7.500,.-

      b) Dewasa Per orang

12.500,-

             

 

16. Penggunaan Fasilitas Auditorium Dalam Rangka Menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi Per hari

10.000.000,-

             

 

17. Penggunaan Ruangan/Tempat Untuk Menunjang Pelayanan Mahasiswa  

 

 

a.

ATM Per tahun

6.000.000,-

 

b.

Bank Per tahun

16.000.000,-

 

c.

Kantin Per bulan

240.000,-

             

 

             

 

               

 

             

MENTERI KEUANGAN,

               
                            ttd.
             

 

             

AGUS D.W. MARTOWARDOJO