PENJELASAN
ATAS
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 27 TAHUN 2012
TENTANG
IZIN LINGKUNGAN
I. |
UMUM |
|||
Proses pembangunan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia harus diselenggarakan berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan sesuai dengan amanah Pasal 33 ayat (4) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pemanfaatan sumber daya alam masih menjadi modal dasar pembangunan di Indonesia saat ini dan masih diandalkan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, penggunaan sumber daya alam tersebut harus dilakukan secara bijak. |
||||
Pemanfaatan sumber daya alam tersebut hendaknya dilandasi oleh tiga pilar pembangunan berkelanjutan, yaitu menguntungkan secara ekonomi (economically viable), diterima secara sosial (socially acceptable), dan ramah lingkungan (environmentally sound). Proses pembangunan yang diselenggarakan dengan cara tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kehidupan generasi masa kini dan yang akan datang. |
||||
Aktivitas pembangunan yang dilakukan dalam berbagai bentuk Usaha dan/atau Kegiatan pada dasarnya akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan. Dengan diterapkannya prinsip berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dalam proses pelaksanaan pembangunan, dampak terhadap lingkungan yang diakibatkan oleh berbagai aktivitas pembangunan tersebut dianalisis sejak awal perencanaannya, sehingga langkah pengendalian dampak negatif dan pengembangan dampak positif dapat disiapkan sedini mungkin. Perangkat atau instrumen yang dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah Amdal dan UKL-UPL. Pasal 22 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menetapkan bahwa setiap Usaha dan/atau Kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki Amdal. Amdal tidak hanya mencakup kajian terhadap aspek biogeofisik dan kimia saja, tetapi juga aspek sosial ekonomi, sosial budaya, dan kesehatan masyarakat. Sedangkan untuk setiap Usaha dan/atau Kegiatan yang tidak berdampak penting, sesuai dengan ketentuan Pasal 34 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup diwajibkan untuk memiliki UKL-UPL. Pelaksanaan Amdal dan UKL-UPL harus lebih sederhana dan bermutu, serta menuntut profesionalisme, akuntabilitas, dan integritas semua pihak terkait, agar instrumen ini dapat digunakan sebagai perangkat pengambilan keputusan yang efektif. |
||||
Amdal dan UKL-UPL juga merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan Izin Lingkungan. Pada dasarnya proses penilaian Amdal atau pemeriksaan UKL-UPL merupakan satu kesatuan dengan proses permohonan dan penerbitkan Izin Lingkungan. Dengan dimasukkannya Amdal dan UKL-UPL dalam proses perencanaan Usaha dan/atau Kegiatan, Menteri, gubernur, atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya mendapatkan informasi yang luas dan mendalam terkait dengan dampak lingkungan yang mungkin terjadi dari suatu rencana Usaha dan/atau Kegiatan tersebut dan langkah-langkah pengendaliannya, baik dari aspek teknologi, sosial, dan kelembagaan. Berdasarkan informasi tersebut, pengambil keputusan dapat mempertimbangkan dan menetapkan apakah suatu rencana Usaha dan/atau Kegiatan tersebut layak, tidak layak, disetujui, atau ditolak, dan Izin Lingkungannya dapat diterbitkan. |
||||
Masyarakat juga dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan dan penerbitan Izin Lingkungan. |
||||
Tujuan diterbitkannya Izin Lingkungan antara lain untuk memberikan perlindungan terhadap lingkungan hidup yang lestari dan berkelanjutan, meningkatkan upaya pengendalian Usaha dan/atau Kegiatan yang berdampak negatif pada lingkungan hidup, memberikan kejelasan prosedur, mekanisme dan koordinasi antarinstansi dalam penyelenggaraan perizinan untuk Usaha dan/atau Kegiatan, dan memberikan kepastian hukum dalam Usaha dan/atau Kegiatan. |
||||
II. |
PASAL DEMI PASAL |
|||
Pasal 1 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 2 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 3 |
||||
Ayat (1) |
||||
Kriteria dampak penting antara lain terdiri atas: |
||||
a. |
besarnya jumlah penduduk yang akan terkena dampak rencana Usaha dan/atau Kegiatan; |
|||
b. |
luas wilayah penyebaran dampak; |
|||
c. |
intensitas dan lamanya dampak berlangsung; |
|||
d. |
banyaknya komponen lingkungan hidup lain yang akan terkena dampak; |
|||
e. |
sifat kumulatif dampak; |
|||
f. |
berbalik atau tidak berbaliknya dampak; dan/atau |
|||
g. |
kriteria lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
|||
Ayat (2) |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 4 |
||||
Ayat (1) |
||||
Amdal merupakan
instrumen untuk merencanakan tindakan preventif terhadap pencemaran dan
kerusakan lingkungan hidup yang mungkin ditimbulkan dari aktivitas
pembangunan. Mengingat fungsinya sebagai salah satu instrumen dalam
perencanaan Usaha dan/atau Kegiatan, penyusunan Amdal tidak dilakukan
setelah Usaha dan/atau Kegiatan dilaksanakan. |
||||
Ayat (2) |
||||
Cukup jelas. |
||||
Ayat (3) |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 5 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 6 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 7 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 8 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 9 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 10 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 11 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 12 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 13 |
||||
Ayat (1) |
||||
Huruf a |
||||
Cukup jelas. |
||||
Huruf b |
||||
Pengecualian ini dikarenakan rencana detil tata ruang kabupaten/kota telah disusun melalui kajian ilmiah yang komprehensif dan rinci berdasarkan antara lain kajian terhadap daya dukung, daya tampung lingkungan, dan kajian lingkungan hidup strategis. Arahan pemanfaatan ruang dalam rencana detil tata ruang sudah memperhitungkan atau mengkaji dampak suatu kegiatan terhadap lingkungan hidup, termasuk proyeksi, prediksi, dan pengendalian dampak secara detil. |
||||
Huruf c |
||||
Cukup jelas. |
||||
Ayat (2) |
||||
Cukup jelas. |
||||
Ayat (3) |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 14 |
||||
Ayat (1) |
||||
UKL-UPL merupakan instrumen untuk merencanakan tindakan preventif terhadap pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang mungkin ditimbulkan oleh aktivitas pembangunan. Mengingat fungsinya sebagai salah satu instrumen dalam perencanaan Usaha dan/atau Kegiatan, UKL-UPL tidak dilakukan setelah Usaha dan/atau Kegiatan dilaksanakan. UKL-UPL yang dimaksud dalam ayat ini dilakukan pada tahap studi kelayakan atau desain detail rekayasa. |
||||
Ayat (2) |
||||
Cukup jelas. |
||||
Ayat (3) |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 15 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 16 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 17 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 18 |
||||
Penyusunan dalam 1 (satu) UKL-UPL dimaksudkan agar terwujud efisiensi dan efektivitas dalam pemeriksaan UKL-UPL dan dampak kumulatif yang mungkin timbul akibat keterkaitan antar Usaha dan/atau Kegiatan yang direncanakan dapat diidentifikasi dengan jelas. |
||||
Pasal 19 |
||||
Cukup jelas. |
||||
Pasal 20 |
||||
Ayat (1) |
||||
|
|
|
Kerangka Acuan merupakan hasil pelingkupan dan berisi metodologi yang menjadi dasar penyusunan Andal dan RKL-RPL. |
|
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (3) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 21 |
|||
Ayat (1) |
||||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "lengkap secara administrasi" adalah kepemilikan bukti antara lain berupa: |
|
|
|
|
a. |
bukti formal bahwa rencana lokasi Usaha dan/atau Kegiatan telah sesuai dengan rencana tata ruang; |
|
|
|
b. |
bukti formal yang menyatakan bahwa jenis rencana Usaha dan/atau Kegiatan secara prinsip dapat dilakukan; dan |
|
|
|
c. |
tanda bukti registrasi kompetensi bagi lembaga penyedia jasa penyusunan dokumen Amdal dan sertifikasi kompetensi penyusun Amdal. |
Ayat (2) |
||||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (4) |
||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 22 |
|||
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 23 |
|||
|
|
Jangka waktu selama 30 (tigapuluh) hari kerja dipergunakan oleh: |
||
|
|
a. |
sekretariat Komisi Penilai Amdal untuk menyampaikan dokumen Kerangka Acuan kepada Komisi Penilai Amdal; |
|
|
|
b. |
Komisi Penilai Amdal menugaskan tim teknis untuk melakukan penilaian; |
|
|
|
c. |
tim teknis untuk melakukan penilaian dan menyampaikan hasil penilaian kepada Komisi Penilai Amdal; dan |
|
|
|
d. |
Komisi Penilai Amdal untuk menerbitkan persetujuan Kerangka Acuan. |
|
|
Pasal 24 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 25 |
|||
|
|
Ayat (1) |
||
|
|
|
Huruf a |
|
|
|
|
|
Dalam jangka waktu 3 (tiga) tahun terdapat kemungkinan telah terjadi perubahan rona lingkungan hidup, karena cepatnya perkembangan pembangunan, sehingga rona lingkungan hidup yang semula dipakai sebagai dasar penyusunan Amdal tidak sesuai lagi digunakan untuk memprakirakan dampak lingkungan hidup Usaha dan/atau Kegiatan yang direncanakan. |
|
|
|
Huruf b |
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 26 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 27 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 28 |
|||
|
|
Ayat (1) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (3) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (4) |
||
|
|
|
Lingkup penilaian oleh tim teknis antara lain: |
|
|
|
|
a. |
kesesuaian lokasi dengan rencana tata ruang; |
|
|
|
b. |
kesesuaian dengan pedoman umum dan/atau pedoman teknis di bidang Amdal; |
|
|
|
c. |
ketepatan dalam penerapan metode penelitian/analisis; |
|
|
|
d. |
kesahihan data yang digunakan; |
|
|
|
e. |
kelayakan desain, teknologi, dan/atau proses produksi yang digunakan dari aspek perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup; dan |
|
|
|
f. |
kelayakan ekologis, sosial, dan kesehatan. |
|
|
Ayat (5) |
||
Cukup jelas. |
||||
|
Pasal 29 |
|||
|
|
Ayat (1) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (3) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (4) |
||
|
|
|
Huruf a |
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Huruf b |
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Huruf c |
|
|
|
|
|
Pertimbangan kelayakan lingkungan dinilai tidak hanya dari kemampuan pemrakarsa untuk menanggulangi dampak negatif tetapi juga dilihat dari kemampuan pihak terkait, seperti pemerintah dan masyarakat. |
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "pendekatan teknologi" adalah cara atau teknoiogi yang digunakan untuk mengelola dampak penting. |
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "pendekatan sosial" adalah langkah penanggulangan dampak penting yang dilakukan melalui tindakan yang berlandaskan pada interaksi sosial. |
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "pendekatan kelembagaan" adalah penanggulangan dampak penting melalui mekanisme kelembagaan dalam bentuk koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait. |
|
|
Ayat (5) |
||
|
|
|
Cukup jeias. |
|
|
Pasal 30 |
|||
|
|
Cukup jeias. |
||
|
Pasal 31 |
|||
|
|
Jangka waktu selama 75 (tujuh puluh lima) hari kerja dipergunakan oleh: |
||
|
|
a. |
sekretariat Komisi Penilai Amdal untuk menyampaikan dokumen Andal dan RKL-RPL kepada Komisi Penilai Amdal; |
|
|
|
b. |
Komisi Penilai Amdal menugaskan tim teknis untuk melakukan penilaian; |
|
|
|
c. |
Tim Teknis untuk melakukan penilaian dan menyampaikan hasil penilaian kepada Komisi Penilai Amdal; |
|
|
|
d. |
Komisi Penilai Amdal untuk menyelenggarakan rapat komisi; dan |
|
|
|
e. |
Komisi Penilai Amdal untuk menyampaikan rekomendasi hasil penilaian Andal dan RKL-RPL kepada Menteri, gubernur, atau bupati/walikota. |
|
|
Pasal 32 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 33 |
|||
|
|
Ayat (1) |
||
|
|
|
Huruf a |
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Huruf b |
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Huruf c |
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Huruf d |
|
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "pihak terkait yang bertanggung jawab" antara lain kementerian atau lembaga pemerintah nonkementerian, satuan kerja pemerintah provinsi, satuan kerja pemerintah kabupaten/kota, dan/atau masyarakat. |
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 34 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 35 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 36 |
|||
|
|
Ayat (1) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "kelengkapan administrasi formulir UKL-UPL" antara lain: |
|
|
|
|
a. |
kesesuaian dengan tata ruang; |
|
|
|
b. |
deskripsi rinci rencana Usaha dan/ atau Kegiatan; |
|
|
|
c. |
dampak lingkungan yang akan terjadi; |
|
|
|
d. |
program pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup; dan |
|
|
|
e. |
peta lokasi pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup. |
|
|
Ayat (3) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (4) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (5) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 37 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 38 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 39 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 40 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 41 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 42 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 43 |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Dokumen pendirian Usaha dan/atau Kegiatan dapat berupa akta pendirian perusahaan untuk Usaha dan/atau kegiatan yang sifatnya swasta, sedangkan untuk pemerintah antara lain berupa dasar hukum pembentukan lembaga pemerintah. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Profil usaha dan/atau kegiatan antara lain memuat: |
|
|
|
|
a. |
nama penanggungjawab Usaha dan/atau Kegiatan; |
|
|
|
b. |
nama Usaha dan/atau Kegiatan; |
|
|
|
c. |
alamat Usaha dan/atau Kegiatan; |
|
|
|
d. |
bidang Usaha dan/atau Kegiatan; dan |
|
|
|
e. |
lokasi Usaha dan/atau Kegiatan. |
|
Pasal 44 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 45 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 46 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 45 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 46 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 47 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 48 |
|||
|
|
Ayat (1) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
Izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup antara lain izin pembuangan limbah cair, izin pemanfaatan air limbah untuk aplikasi ke tanah, izin penyimpanan sementara limbah bahan berbahaya dan beracun, izin pengumpulan limbah bahan berbahaya dan beracun, izin pengangkutan limbah bahan berbahaya dan beracun, izin pemanfaatan limbah bahan berbahaya dan beracun, izin pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun, izin penimbunan limbah bahan berbahaya dan beracun, izin pembuangan air limbah ke laut, izin dumping, izin reinjeksi ke dalam formasi, dan/atau izin venting. |
|
|
|
Ayat (3) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 49 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 50 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 51 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 52 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 53 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 54 |
|||
|
|
Ayat (1) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (3) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (4) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (5) |
||
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (6) |
||
|
|
|
Usaha dan/atau Kegiatan bersifat strategis antara lain pembangkit listrik tenaga nuklir, pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga uap atau panas bumi, eksploitasi minyak dan gas, kilang minyak, pertambangan uranium, industri petrokimia, industri pesawat terbang, industri kapal, industri senjata, industri bahan peledak, industri baja, industri alat-alat berat, industri telekomunikasi, pembangunan bendungan, bandar udara, pelabuhan, dan Usaha dan/atau Kegiatan lainnya yang menurut instansi yang membidangi Usaha dan/atau Kegiatan dianggap strategis. |
|
|
Pasal 55 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 56 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 57 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 58 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 59 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 60 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 61 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 62 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 63 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 64 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 65 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 66 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 67 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 68 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 69 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 70 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 71 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 72 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 73 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 74 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 75 |
|||
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
|
||
|
TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5285 |