|
|
|
"Pasal
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Direktur Jenderal
Pajak dapat menerbitkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan dalam
jangka waktu 10 (sepuluh) tahun sesudah saat pajak terutang, berakhirnya
Masa Pajak, Bagian Tahun Pajak atau Tahun Pajak, apabila ditemukan data
baru dan atau data yang semula belum terungkap yang mengakibatkan penambahan
jumlah pajak yang terutang.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Jumlah kekurangan
pajak yang terutang dalam Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan,
ditambah dengan sanksi administrasi berupa kenaikan sebesar 100% (seratus
persen) dari jumlah kekurangan pajak tersebut.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Kenaikan sebagaimana
dimaksud dalam ayat (2) tidak dikenakan apabila Surat Ketetapan Pajak Kurang
Bayar Tambahan itu diterbitkan berdasarkan keterangan tertulis dari Wajib
Pajak atas kehendak sendiri, dengan syarat Direktur Jenderal Pajak belum
mulai melakukan tindakan pemeriksaan.
|
|
|
|
|
|
(4)
|
Apabila jangka waktu
10 (sepuluh) tahun sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) telah lewat, Surat
Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan tetap dapat diterbitkan ditambah
sanksi administrasi berupa bunga sebesar 48% (empat puluh delapan persen)
dari jumlah pajak yang tidak atau kurang dibayar, dalam hal Wajib Pajak
setelah jangka waktu 10 (sepuluh) tahun tersebut dipidana karena melakukan
tindak pidana di bidang perpajakan berdasarkan putusan Pengadilan yang
telah memperoleh kekuatan hukum tetap."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
Ketentuan Pasal 16
diubah dan dijadikan ayat (1), dan ditambah 2 (dua) ayat yaitu ayat (2)
dan ayat (3) sehingga keseluruhan Pasal 16 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Direktur Jenderal
Pajak karena jabatan atau atas permohonan Wajib Pajak dapat membetulkan
surat ketetapan pajak, Surat Tagihan Pajak, Surat Keputusan Keberatan,
Surat Keputusan Pengurangan atau Penghapusan Sanksi Administrasi, Surat
Keputusan Pengurangan atau Pembatalan Ketetapan Pajak yang tidak benar,
atau Surat Keputusan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pajak, yang dalam
penerbitannya terdapat kesalahan tulis, kesalahan hitung, dan atau kekeliruan
penerapan ketentuan tertentu dalam peraturan perundang-undangan perpajakan.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Direktur Jenderal
Pajak dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan sejak tanggal permohonan
diterima, harus memberi keputusan atas permohonan pembetulan yang diajukan.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Apabila jangka waktu
sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) telah lewat, Direktur Jenderal Pajak
tidak memberi suatu keputusan, maka permohonan pembetulan yang diajukan
tersebut dianggap diterima. "
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Ketentuan Pasal 17B
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 17B berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
17B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Direktur Jenderal
Pajak setelah melakukan pemeriksaan atas permohonan
pengembalian kelebihan pembayaran pajak selain permohonan pengembalian
kelebihan pembayaran pajak dari Wajib Pajak dengan kriteria tertentu sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 17C harus menerbitkan surat ketetapan pajak paling
lambat 12 (dua belas) bulan sejak surat permohonan diterima, kecuali untuk
kegiatan tertentu ditetapkan lain dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Apabila setelah lewat
jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) Direktur Jenderal Pajak
tidak memberi suatu keputusan, permohonan pengembalian kelebihan pembayaran
pajak dianggap dikabulkan dan Surat Ketetapan Pajak Lebih Bayar harus diterbitkan
dalam waktu paling lambat 1 (satu) bulan setelah jangka waktu tersebut
berakhir.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Apabila Surat Ketetapan
Pajak Lebih Bayar terlambat diterbitkan dalam jangka waktu sebagaimana
dimaksud dalam ayat (2), maka kepada Wajib Pajak diberikan imbalan bunga
sebesar 2% (dua persen) sebulan dihitung sejak berakhirnya jangka waktu
sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) sampai dengan saat diterbitkan Surat
Ketetapan Pajak Lebih Bayar."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
Di antara Pasal 17B
dan Pasal 18 disisipkan 1 (satu) Pasal yaitu Pasal 17C, yang berbunyi sebagai
berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
17C
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Direktur Jenderal
Pajak setelah melakukan penelitian atas permohonan pengembalian kelebihan
pembayaran pajak dari Wajib Pajak dengan kriteria tertentu, menerbitkan
Surat Keputusan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pajak paling lambat
3 (tiga) bulan sejak permohonan diterima untuk Pajak Penghasilan dan paling
lambat 1 (satu) bulan sejak permohonan diterima untuk Pajak Pertambahan
Nilai.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Kriteria tertentu
sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) ditetapkan dengan Keputusan Menteri
Keuangan.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Wajib Pajak dengan
kriteria tertentu sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) ditetapkan dengan
Keputusan Direktur Jenderal Pajak.
|
|
|
|
|
|
(4)
|
Direktur Jenderal
Pajak dapat melakukan pemeriksaan terhadap Wajib Pajak sebagaimana dimaksud
dalam ayat (1), dan menerbitkan surat ketetapan pajak, setelah melakukan
pengembalian pendahuluan kelebihan pajak.
|
|
|
|
|
|
(5)
|
Apabila berdasarkan
hasil pemeriksaan sebagaimana dimaksud dalam ayat (4), Direktur Jenderal
Pajak menerbitkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, jumlah kekurangan
pajak ditambah dengan sanksi administrasi berupa kenaikan sebesar 100%
(seratus persen) dari jumlah kekurangan pembayaran pajak."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
Ayat (2) Pasal 18
dihapus, sehingga keseluruhan Pasal 18 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Surat Tagihan Pajak,
Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar
Tambahan, dan Surat Keputusan Pembetulan, Surat Keputusan Keberatan, Putusan
Banding, yang menyebabkan jumlah pajak yang harus dibayar bertambah, merupakan
dasar penagihan pajak.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
dihapus."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
Ketentuan Pasal 19
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 19 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Apabila atas pajak
yang terutang menurut Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, atau Surat Ketetapan
Pajak Kurang Bayar Tambahan, dan tambahan jumlah pajak yang harus dibayar
berdasarkan Surat Keputusan Pembetulan, Surat Keputusan Keberatan, atau
Putusan Banding, pada saat jatuh tempo pembayaran tidak atau kurang dibayar,
maka atas jumlah pajak yang tidak atau kurang dibayar itu, dikenakan sanksi
administrasi berupa bunga sebesar 2% (dua persen) sebulan untuk seluruh
masa, yang dihitung dari tanggal jatuh tempo sampai dengan tanggal pembayaran
atau tanggal diterbitkannya Surat Tagihan Pajak, dan bagian dari bulan
dihitung penuh 1 (satu) bulan.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Dalam hal Wajib Pajak
diperbolehkan mengangsur atau menunda pembayaran pajak, juga dikenakan
bunga sebesar 2% (dua persen) sebulan, dan bagian dari bulan dihitung penuh
1 (satu) bulan.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Dalam hal Wajib Pajak
diperbolehkan menunda penyampaian Surat Pemberitahuan dan ternyata penghitungan
sementara pajak yang terutang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (5)
kurang dari jumlah pajak yang sebenarnya terutang, maka atas kekurangan
pembayaran pajak tersebut, dikenakan bunga sebesar 2% (dua persen) sebulan
yang dihitung dari saat berakhirnya kewajiban menyampaikan Surat Pemberitahuan
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3) huruf b sampai dengan tanggal
dibayarnya kekurangan pembayaran tersebut, dan bagian dari bulan dihitung
penuh 1 (satu) bulan."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Ketentuan Pasal 20
diubah dan dijadikan ayat (2), dan ditambah 2 (dua) ayat yaitu ayat (1)
dan ayat (3), sehingga keseluruhan Pasal 20 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Jumlah pajak yang
terutang berdasarkan Surat Tagihan Pajak, Surat Ketetapan Pajak Kurang
Bayar, Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan, dan Surat Keputusan
Pembetulan, Surat Keputusan Keberatan, Putusan Banding, yang menyebabkan
jumlah pajak yang harus dibayar bertambah, yang tidak dibayar oleh Penanggung
Pajak sesuai dengan jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat
(3), ditagih dengan Surat Paksa.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Dikecualikan dari
ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), penagihan seketika dan sekaligus
dilakukan dalam hal:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
Penanggung Pajak
akan meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya atau berniat untuk itu;
|
|
|
|
|
|
b.
|
Penanggung Pajak
memindahtangankan barang yang dimiliki atau yang dikuasai dalam rangka
menghentikan atau mengecilkan kegiatan perusahaan, atau pekerjaan yang
dilakukannya di Indonesia;
|
|
|
|
|
|
c.
|
terdapat
tanda-tanda bahwa Penanggung Pajak
akan membubarkan badan usahanya, atau menggabungkan usahanya, atau memekarkan
usahanya, atau memindahtangankan perusahaan yang dimiliki atau yang dikuasainya,
atau melakukan perubahan bentuk lainnya;
|
|
|
|
|
|
d.
|
badan usaha akan
dibubarkan oleh Negara; atau
|
|
|
|
|
|
e.
|
terjadi penyitaan
atas barang Penanggung Pajak oleh pihak ketiga atau terdapat tanda-tanda
kepailitan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Penagihan pajak dengan
Surat Paksa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
yang berlaku."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
Ketentuan Pasal 21
ayat (2), ayat (3), ayat (4), dan ayat (5) diubah, sehingga keseluruhan
Pasal 21 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Negara mempunyai
hak mendahulu untuk tagihan pajak atas barang-barang milik Penanggung Pajak.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Ketentuan tentang
hak mendahulu sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), meliputi pokok pajak,
sanksi administrasi berupa bunga, denda, kenaikan, dan biaya penagihan
pajak.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Hak mendahulu untuk
tagihan pajak melebihi segala hak mendahulu lainnya, kecuali terhadap:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
biaya perkara yang
semata-mata disebabkan suatu penghukuman untuk melelang suatu barang bergerak
dan atau barang tidak bergerak;
|
|
|
|
|
|
b.
|
biaya yang telah
dikeluarkan untuk menyelamatkan barang dimaksud;
|
|
|
|
|
|
c.
|
biaya perkara, yang
semata-mata disebabkan pelelangan dan penyelesaian suatu warisan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(4)
|
Hak mendahulu itu
hilang setelah lampau waktu 2 (dua) tahun sejak tanggal diterbitkan Surat
Tagihan Pajak, Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, Surat Ketetapan Pajak
Kurang Bayar Tambahan, dan Surat Keputusan Pembetulan, Surat Keputusan
Keberatan, Putusan Banding, yang menyebabkan jumlah pajak yang harus dibayar
bertambah, kecuali apabila dalam jangka waktu 2 (dua) tahun tersebut, Surat
Paksa untuk membayar itu diberitahukan secara resmi, atau diberikan penundaan
pembayaran.
|
|
|
|
|
|
(5)
|
Dalam hal Surat Paksa
untuk membayar diberitahukan secara resmi, jangka waktu 2 (dua) tahun sebagaimana
dimaksud dalam ayat (4), dihitung sejak tanggal pemberitahuan Surat Paksa,
atau dalam hal diberikan penundaan pembayaran jangka waktu 2 (dua) tahun
tersebut ditambah dengan jangka waktu penundaan pembayaran."
|
|
|
|
|
22.
|
Ketentuan Pasal 22
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 22 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Hak untuk melakukan
penagihan pajak, termasuk bunga, denda, kenaikan, dan biaya penagihan pajak,
daluwarsa setelah lampau waktu 10 (sepuluh) tahun terhitung sejak saat
terutangnya pajak atau berakhirnya Masa Pajak, Bagian Tahun Pajak atau
Tahun Pajak yang bersangkutan.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Daluwarsa penagihan
pajak sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) tertangguh apabila:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
diterbitkan Surat
Teguran dan Surat Paksa;
|
|
|
|
|
|
b.
|
ada pengakuan utang
pajak dari Wajib Pajak baik langsung maupun tidak langsung;
|
|
|
|
|
|
c.
|
diterbitkan Surat
Ketetapan Pajak Kurang Bayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (5)
atau Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan sebagaimana dimaksud dalam
Pasal 15 ayat (4)."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
Ketentuan Pasal 23
ayat (2) diubah, dan ayat (1) dan ayat (3) dihapus, sehingga keseluruhan
Pasal 23 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
dihapus.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Gugatan Wajib Pajak
atau Penanggung Pajak terhadap:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
Pelaksanaan Surat
Paksa, Surat Perintah Melaksanakan Penyitaan, atau Pengumuman Lelang;
|
|
|
|
|
|
b.
|
Keputusan yang berkaitan
dengan pelaksanaan keputusan perpajakan, selain yang ditetapkan dalam Pasal
25 ayat (1) dan Pasal 26;
|
|
|
|
|
|
c.
|
Keputusan pembetulan
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 yang berkaitan dengan Surat Tagihan
Pajak;
|
|
|
|
|
|
d.
|
Keputusan sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 36 yang berkaitan dengan Surat Tagihan Pajak; hanya
dapat diajukan kepada badan peradilan pajak.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(3)
|
dihapus."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
Ketentuan Pasal 24
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 24 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
24
Tata cara penghapusan
piutang pajak dan penetapan besarnya penghapusan diatur dengan Keputusan
Menteri Keuangan."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
Ketentuan Pasal 25
ayat (3), ayat (4), dan ayat (5) diubah, sehingga keseluruhan Pasal 25
berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Wajib Pajak dapat
mengajukan keberatan hanya kepada Direktur Jenderal Pajak atas suatu:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
Surat Ketetapan Pajak
Kurang Bayar;
|
|
|
|
|
|
b.
|
Surat Ketetapan Pajak
Kurang Bayar Tambahan;
|
|
|
|
|
|
c.
|
Surat Ketetapan Pajak
Lebih Bayar;
|
|
|
|
|
|
d.
|
Surat Ketetapan Pajak
Nihil;
|
|
|
|
|
|
e.
|
Pemotongan atau pemungutan
oleh pihak ketiga berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Keberatan diajukan
secara tertulis dalam bahasa Indonesia dengan mengemukakan jumlah pajak
yang terutang atau jumlah pajak yang dipotong atau dipungut atau jumlah
rugi menurut penghitungan Wajib Pajak dengan disertai alasan-alasan yang
jelas.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Keberatan harus diajukan
dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak tanggal surat, tanggal pemotongan
atau pemungutan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), kecuali apabila Wajib
Pajak dapat menunjukkan bahwa jangka waktu itu tidak dapat dipenuhi karena
keadaan di luar kekuasaannya.
|
|
|
|
|
|
(4)
|
Keberatan yang tidak
memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), ayat (2), dan
ayat (3) tidak dianggap sebagai surat keberatan, sehingga tidak dipertimbangkan.
|
|
|
|
|
|
(5)
|
Tanda penerimaan
surat keberatan yang diberikan oleh pejabat Direktorat Jenderal Pajak yang
ditunjuk untuk itu atau tanda pengiriman surat keberatan melalui pos tercatat
menjadi tanda bukti penerimaan surat keberatan.
|
|
|
|
|
|
(6)
|
Apabila diminta oleh
Wajib Pajak untuk keperluan pengajuan keberatan, Direktur Jenderal Pajak
wajib memberikan keterangan secara tertulis hal-hal yang menjadi dasar
pengenaan pajak, penghitungan rugi, pemotongan atau pemungutan pajak.
|
|
|
|
|
|
(7)
|
Pengajuan keberatan
tidak menunda kewajiban membayar pajak dan pelaksanaan penagihan pajak."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
Ketentuan Pasal 27
ayat (2), ayat (3), dan ayat (6) diubah, dan ayat (4) dihapus, sehingga
keseluruhan Pasal 27 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Wajib Pajak dapat
mengajukan permohonan banding hanya kepada badan peradilan pajak terhadap
keputusan mengenai keberatannya yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal
Pajak.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Putusan badan peradilan
pajak bukan merupakan keputusan tata usaha negara.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Permohonan sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) diajukan secara tertulis dalam bahasa Indonesia,
dengan alasan yang jelas dalam waktu 3 (tiga) bulan sejak keputusan diterima,
dilampiri salinan dari surat keputusan tersebut.
|
|
|
|
|
|
(4)
|
dihapus.
|
|
|
|
|
|
(5)
|
Pengajuan permohonan
banding tidak menunda kewajiban membayar pajak dan pelaksanaan penagihan
pajak.
|
|
|
|
|
|
(6)
|
Badan peradilan pajak
sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan Pasal 23 ayat (2) diatur dengan
undang-undang."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
Ketentuan Pasal 27A
diubah dan dijadikan ayat (1), dan ditambah 2 (dua) ayat yaitu ayat (2)
dan ayat (3), sehingga keseluruhan Pasal 27A berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
27A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Apabila pengajuan
keberatan atau permohonan banding diterima sebagian atau seluruhnya, sepanjang
utang pajak sebagaimana dimaksud dalam Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar
dan atau Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan telah dibayar yang
menyebabkan kelebihan pembayaran pajak, maka kelebihan pembayaran dikembalikan
dengan ditambah imbalan bunga sebesar 2% (dua persen) sebulan untuk paling
lama 24 (dua puluh empat) bulan dihitung sejak tanggal pembayaran yang
menyebabkan kelebihan pembayaran pajak sampai dengan diterbitkannya Keputusan
Keberatan atau Putusan Banding.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Imbalan bunga sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) juga diberikan atas pembayaran lebih sanksi administrasi
berupa denda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (4) dan atau bunga
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 ayat (1) berdasarkan Keputusan Pengurangan
atau Penghapusan Sanksi Administrasi, sebagai akibat diterbitkan Keputusan
Keberatan atau Putusan Banding yang menerima sebagian atau seluruh permohonan
Wajib Pajak.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Tata cara penghitungan
pengembalian kelebihan bayar dan pemberian imbalan bunga diatur dengan
Keputusan Menteri Keuangan."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28.
|
Ketentuan Pasal 28
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 28 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Wajib Pajak orang
pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dan Wajib Pajak
badan di Indonesia, wajib menyelenggarakan pembukuan.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Dikecualikan dari
kewajiban menyelenggarakan pembukuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1)
tetapi wajib melakukan pencatatan adalah Wajib Pajak orang pribadi yang
melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang menurut ketentuan peraturan
perundang-undangan perpajakan diperbolehkan menghitung penghasilan neto
dengan menggunakan Norma Penghitungan Penghasilan Neto dan Wajib Pajak
orang pribadi yang tidak melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Pembukuan atau pencatatan
tersebut harus diselenggarakan dengan memperhatikan itikad baik dan mencerminkan
keadaan atau kegiatan usaha yang sebenarnya.
|
|
|
|
|
|
(4)
|
Pembukuan atau pencatatan
harus diselenggarakan di Indonesia dengan menggunakan huruf Latin, angka
Arab, satuan mata uang Rupiah, dan disusun dalam bahasa Indonesia atau
dalam bahasa asing yang diizinkan oleh Menteri Keuangan.
|
|
|
|
|
|
(5)
|
Pembukuan diselenggarakan
dengan prinsip taat asas dan dengan stelsel akrual atau stelsel kas.
|
|
|
|
|
|
(6)
|
Perubahan terhadap
metode pembukuan dan atau tahun buku, harus mendapat persetujuan dari Direktur
Jenderal Pajak.
|
|
|
|
|
|
(7)
|
Pembukuan sekurang-kurangnya
terdiri dari catatan mengenai harta, kewajiban, modal, penghasilan dan
biaya, serta penjualan dan pembelian, sehingga dapat dihitung besarnya
pajak yang terutang.
|
|
|
|
|
|
(8)
|
Pembukuan dengan
menggunakan bahasa asing dan mata uang selain Rupiah dapat diselenggarakan
oleh Wajib Pajak setelah mendapat izin Menteri Keuangan.
|
|
|
|
|
|
(9)
|
Pencatatan sebagaimana
dimaksud dalam ayat (2) terdiri dari data yang dikumpulkan secara teratur
tentang peredaran atau penerimaan bruto dan atau penghasilan bruto sebagai
dasar untuk menghitung jumlah pajak yang terutang, termasuk penghasilan
yang bukan objek pajak dan atau yang dikenakan pajak yang bersifat final.
|
|
|
|
|
|
(10)
|
Dikecualikan dari
kewajiban menyelenggarakan pembukuan dan melakukan pencatatan adalah Wajib
Pajak orang pribadi yang tidak wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan
Pajak Penghasilan.
|
|
|
|
|
|
(11)
|
Buku-buku, catatan-catatan,
dokumen-dokumen yang menjadi dasar pembukuan atau pencatatan dan dokumen
lain wajib disimpan selama 10 (sepuluh) tahun di Indonesia, yaitu di tempat
kegiatan atau di tempat tinggal bagi Wajib Pajak orang pribadi, atau di
tempat kedudukan bagi Wajib Pajak badan.
|
|
|
|
|
|
(12)
|
Bentuk dan tata cara
pencatatan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) diatur dengan Keputusan
Direktur Jenderal Pajak."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29.
|
Ketentuan Pasal 29
ayat (2) dan ayat (4) diubah, sehingga keseluruhan Pasal 29 berbunyi sebagai
berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Direktur Jenderal
Pajak berwenang melakukan pemeriksaan untuk menguji kepatuhan pemenuhan
kewajiban perpajakan dan untuk tujuan lain dalam rangka melaksanakan ketentuan
peraturan perundang-undangan perpajakan.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Untuk keperluan pemeriksaan
petugas pemeriksa harus memiliki tanda pengenal pemeriksa dan dilengkapi
dengan Surat Perintah Pemeriksaan serta memperlihatkannya kepada Wajib
Pajak yang diperiksa.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Wajib Pajak yang
diperiksa wajib:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
memperlihatkan dan
atau meminjamkan buku atau catatan, dokumen yang menjadi dasarnya dan dokumen
lain yang berhubungan dengan penghasilan yang diperoleh, kegiatan usaha,
pekerjaan bebas Wajib Pajak, atau objek yang terutang pajak;
|
|
|
|
|
|
b.
|
memberikan kesempatan
untuk memasuki tempat atau ruang yang dipandang perlu dan memberi bantuan
guna kelancaran pemeriksaan;
|
|
|
|
|
|
c.
|
memberikan keterangan
yang diperlukan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(4)
|
Apabila dalam mengungkapkan
pembukuan, pencatatan, atau dokumen serta keterangan yang diminta, Wajib
Pajak terikat oleh suatu kewajiban untuk merahasiakan, maka kewajiban untuk
merahasiakan itu ditiadakan oleh permintaan untuk keperluan pemeriksaan
sebagaimana dimaksud dalam ayat (1)."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30.
|
Ketentuan Pasal 31
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 31 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
31
Tata cara pemeriksaan
diatur dengan Keputusan Menteri Keuangan."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31.
|
Ketentuan
Pasal 32 ayat (2) dan ayat (4) diubah, dan di antara ayat (3) dan ayat
(4) disisipkan 1 (satu) ayat yaitu ayat (3a), sehingga keseluruhan Pasal
32 berbunyi sebagai berikut:
"Pasal
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Dalam menjalankan
hak dan memenuhi kewajiban menurut ketentuan peraturan perundang-undangan
perpajakan, Wajib Pajak diwakili, dalam hal:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
badan oleh pengurus;
|
|
|
|
|
|
b.
|
badan dalam pembubaran
atau pailit oleh orang atau badan yang dibebani untuk melakukan pemberesan;
|
|
|
|
|
|
c.
|
suatu warisan yang
belum terbagi oleh salah seorang ahli warisnya, pelaksana wasiatnya atau
yang mengurus harta peninggalannya;
|
|
|
|
|
|
d.
|
anak yang belum dewasa
atau orang yang berada dalam pengampuan oleh wali atau pengampunya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Wakil sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) bertanggungjawab secara pribadi dan atau secara
renteng atas pembayaran pajak yang terutang, kecuali apabila dapat membuktikan
dan meyakinkan Direktur Jenderal Pajak, bahwa mereka dalam kedudukannya
benar-benar tidak mungkin untuk dibebani tanggung jawab atas pajak yang
terutang tersebut.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Orang pribadi atau
badan dapat menunjuk seorang kuasa dengan surat kuasa khusus untuk menjalankan
hak dan memenuhi kewajiban menurut ketentuan peraturan perundang-undangan
perpajakan.
|
|
|
|
|
|
(3a)
|
Kuasa sebagaimana
dimaksud dalam ayat (3) harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan dengan
Keputusan Menteri Keuangan.
|
|
|
|
|
|
(4)
|
Termasuk dalam pengertian
pengurus sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf a adalah orang yang
nyata-nyata mempunyai wewenang ikut menentukan kebijaksanaan dan atau mengambil
keputusan dalam menjalankan perusahaan."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32.
|
Ketentuan Pasal 33
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 33 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
33
Pembeli Barang Kena
Pajak atau penerima Jasa Kena Pajak sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang
Pajak Pertambahan Nilai 1984 dan perubahannya bertanggungjawab secara renteng
atas pembayaran pajak, sepanjang tidak dapat menunjukkan bukti bahwa pajak
telah dibayar."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33.
|
Ketentuan Pasal 34
diubah, dan di antara ayat (2) dan ayat (3) disisipkan 1 (satu) ayat yaitu
ayat (2a), sehingga keseluruhan Pasal 34 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Setiap pejabat dilarang
memberitahukan kepada pihak lain segala sesuatu yang diketahui atau diberitahukan
kepadanya oleh Wajib Pajak dalam rangka jabatan atau pekerjaannya untuk
menjalankan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Larangan sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) berlaku juga terhadap tenaga ahli yang ditunjuk
oleh Direktur Jenderal Pajak untuk membantu dalam pelaksanaan ketentuan
peraturan perundang-undangan perpajakan.
|
|
|
|
|
|
(2a)
|
Dikecualikan dari
ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2) adalah :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
Pejabat dan tenaga
ahli yang bertindak sebagai saksi atau saksi ahli dalam sidang pengadilan.
|
|
|
|
|
|
b.
|
Pejabat dan tenaga
ahli yang memberikan keterangan kepada pihak lain yang ditetapkan oleh
Menteri Keuangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Untuk kepentingan
negara, Menteri Keuangan berwenang memberi izin tertulis kepada pejabat
sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan tenaga-tenaga ahli sebagaimana
dimaksud dalam ayat (2) supaya memberikan keterangan, memperlihatkan bukti
tertulis dari atau tentang Wajib Pajak kepada pihak yang ditunjuknya.
|
|
|
|
|
|
(4)
|
Untuk kepentingan
pemeriksaan di Pengadilan dalam perkara pidana atau perdata atas permintaan
Hakim sesuai dengan Hukum Acara Pidana dan Hukum Acara Perdata, Menteri
Keuangan dapat memberi izin tertulis untuk meminta kepada pejabat sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) dan tenaga ahli sebagaimana dimaksud dalam ayat
(2), bukti tertulis dan keterangan Wajib Pajak yang ada padanya
|
|
|
|
|
|
(5)
|
Permintaan Hakim
sebagaimana dimaksud dalam ayat (4), harus menyebutkan nama tersangka atau
nama tergugat, keterangan-keterangan yang diminta serta kaitan antara perkara
pidana atau perdata yang bersangkutan dengan keterangan yang diminta tersebut."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34.
|
Ketentuan Pasal 36
ayat (2) diubah, sehingga keseluruhan Pasal 36 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Direktur Jenderal
Pajak dapat:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
mengurangkan atau
menghapuskan sanksi administrasi berupa bunga, denda, dan kenaikan yang
terutang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan dalam
hal sanksi tersebut dikenakan karena kekhilafan Wajib Pajak atau bukan
karena kesalahannya;
|
|
|
|
|
|
b.
|
mengurangkan atau
membatalkan ketetapan pajak yang tidak benar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Tata cara pengurangan,
penghapusan, atau pembatalan utang pajak sebagaimana dimaksud dalam ayat
(1), diatur dengan Keputusan Menteri Keuangan."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35.
|
Di antara Pasal 36
dan Pasal 37 disisipkan 1 (satu) Pasal yaitu Pasal 36A, yang berbunyi sebagai
berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
36A
Apabila petugas pajak
dalam menghitung atau menetapkan pajak tidak sesuai dengan Undang-undang
perpajakan yang berlaku sehingga merugikan negara, maka petugas pajak yang
bersangkutan dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
yang berlaku."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36.
|
Ketentuan Pasal 37
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 37 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
37
Perubahan besarnya
imbalan bunga dan sanksi administrasi berupa bunga, denda, dan kenaikan,
diatur dengan Peraturan Pemerintah."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37.
|
Ketentuan Pasal 38
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 38 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
38
Setiap orang yang
karena kealpaannya:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
tidak menyampaikan
Surat Pemberitahuan; atau
|
|
|
|
|
|
b.
|
menyampaikan Surat
Pemberitahuan, tetapi isinya tidak benar atau tidak lengkap, atau melampirkan
keterangan yang isinya tidak benar, sehingga dapat menimbulkan kerugian
pada pendapatan negara, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu)
tahun dan atau denda paling tinggi 2 (dua) kali jumlah pajak terutang yang
tidak atau kurang dibayar."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38.
|
Ketentuan Pasal 39
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 39 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Setiap orang yang
dengan sengaja:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
tidak mendaftarkan
diri, atau menyalahgunakan atau menggunakan tanpa hak Nomor Pokok Wajib
Pajak atau Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal
2; atau
|
|
|
|
|
|
b.
|
tidak menyampaikan
Surat Pemberitahuan; atau
|
|
|
|
|
|
c.
|
menyampaikan Surat
Pemberitahuan dan atau keterangan yang isinya tidak benar atau tidak lengkap;
atau
|
|
|
|
|
|
d.
|
menolak untuk dilakukan
pemeriksaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29; atau
|
|
|
|
|
|
e.
|
memperlihatkan pembukuan,
pencatatan, atau dokumen lain yang palsu atau dipalsukan seolah-olah benar;
atau
|
|
|
|
|
|
f.
|
tidak menyelenggarakan
pembukuan atau pencatatan, tidak memperlihatkan atau tidak meminjamkan
buku, catatan, atau dokumen lainnya; atau
|
|
|
|
|
|
g.
|
tidak menyetorkan
pajak yang telah dipotong atau dipungut, sehingga dapat menimbulkan kerugian
pada pendapatan negara, dipidana dengan pidana
penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi 4 (empat) kali
jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Pidana sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) dilipatkan 2 (dua) apabila seseorang melakukan
lagi tindak pidana di bidang perpajakan sebelum lewat 1 (satu) tahun, terhitung
sejak selesainya menjalani pidana penjara yang dijatuhkan.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Setiap orang yang
melakukan percobaan untuk melakukan tindak pidana menyalahgunakan atau
menggunakan tanpa hak Nomor Pokok Wajib Pajak atau Pengukuhan Pengusaha
Kena Pajak sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf a, atau menyampaikan
Surat Pemberitahuan dan atau keterangan yang isinya tidak benar atau tidak
lengkap sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf c dalam rangka mengajukan
permohonan restitusi atau melakukan kompensasi pajak, dipidana dengan pidana
penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling tinggi 4 (empat) kali
jumlah restitusi yang dimohon dan atau kompensasi yang dilakukan oleh Wajib
Pajak."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39.
|
Ketentuan Pasal 41
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 41 berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
41
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Pejabat yang karena
kealpaannya tidak memenuhi kewajiban merahasiakan hal sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 34, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun
dan denda paling banyak Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah).
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Pejabat yang dengan
sengaja tidak memenuhi kewajibannya atau seseorang yang menyebabkan tidak
dipenuhinya kewajiban pejabat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34, dipidana
dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak
Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Penuntutan terhadap
tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2) hanya dilakukan
atas pengaduan orang yang kerahasiaannya dilanggar."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40.
|
Ketentuan Pasal 41A
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 41A berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
41A
Setiap orang yang
menurut Pasal 35 Undang-undang ini wajib memberi keterangan atau bukti
yang diminta tetapi dengan sengaja tidak memberi keterangan atau bukti,
atau memberi keterangan atau bukti yang tidak benar, dipidana dengan pidana
penjara paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp10.000.000,00
(sepuluh juta rupiah)."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
41.
|
Ketentuan Pasal 41B
diubah, sehingga keseluruhan Pasal 41B berbunyi sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
41B
Setiap orang yang
dengan sengaja menghalangi atau mempersulit penyidikan tindak pidana di
bidang perpajakan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga)
tahun dan denda paling banyak Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah)."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
42.
|
Ketentuan
Pasal 44 diubah, sehingga keseluruhan Pasal 44 berbunyi sebagai berikut:
"Pasal
44
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Pejabat Pegawai Negeri
Sipil tertentu di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak diberi wewenang
khusus sebagai Penyidik untuk melakukan penyidikan tindak pidana di bidang
perpajakan, sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Hukum Acara Pidana
yang berlaku.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Wewenang Penyidik
sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) adalah:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
menerima, mencari,
mengumpulkan, dan meneliti keterangan atau laporan berkenaan dengan tindak
pidana di bidang perpajakan agar keterangan atau laporan tersebut menjadi
lebih lengkap dan jelas;
|
|
|
|
|
|
b.
|
meneliti, mencari,
dan mengumpulkan keterangan mengenai orang pribadi atau badan tentang kebenaran
perbuatan yang dilakukan sehubungan dengan tindak pidana di bidang perpajakan;
|
|
|
|
|
|
c.
|
meminta keterangan
dan bahan bukti dari orang pribadi atau badan sehubungan dengan tindak
pidana di bidang perpajakan;
|
|
|
|
|
|
d.
|
memeriksa buku-buku,
catatan-catatan, dan dokumen-dokumen lain berkenaan dengan tindak pidana
di bidang perpajakan;
|
|
|
|
|
|
e.
|
melakukan penggeledahan
untuk mendapatkan bahan bukti pembukuan, pencatatan, dan dokumen-dokumen
lain, serta melakukan penyitaan terhadap bahan bukti tersebut;
|
|
|
|
|
|
f.
|
meminta bantuan tenaga
ahli dalam rangka pelaksanaan tugas penyidikan tindak pidana di bidang
perpajakan;
|
|
|
|
|
|
g.
|
menyuruh berhenti
dan atau melarang seseorang meninggalkan ruangan atau tempat pada saat
pemeriksaan sedang berlangsung dan memeriksa identitas orang dan atau dokumen
yang dibawa sebagaimana dimaksud pada huruf e;
|
|
|
|
|
|
h.
|
memotret seseorang
yang berkaitan dengan tindak pidana di bidang perpajakan;
|
|
|
|
|
|
i.
|
memanggil orang untuk
didengar keterangannya dan diperiksa sebagai tersangka atau saksi;
|
|
|
|
|
|
j.
|
menghentikan penyidikan;
|
|
|
|
|
|
k.
|
melakukan tindakan
lain yang perlu untuk kelancaran penyidikan tindak pidana di bidang perpajakan
menurut hukum yang bertanggungjawab.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Penyidik sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) memberitahukan dimulainya penyidikan dan menyampaikan
hasil penyidikannya kepada Penuntut Umum melalui Penyidik pejabat Polisi
Negara Republik Indonesia, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-undang
Hukum Acara Pidana yang berlaku."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43.
|
Di antara Pasal 47
dan BAB XI disisipkan 1 (satu) Pasal yaitu Pasal 47A, yang berbunyi sebagai
berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
"Pasal
47A
Terhadap semua hak
dan kewajiban perpajakan yang belum diselesaikan, diberlakukan ketentuan
Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan
sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 9 Tahun 1994."
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal II
Undang-undang ini
dapat disebut "Undang-undang Perubahan Kedua Undang-undang Ketentuan
Umum dan Tata Cara Perpajakan".
Pasal III
Undang-undang ini
mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2001.
Agar setiap orang
mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Undang-undang ini dengan penempatannya
dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|