PENJELASAN
ATAS
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 98 TAHUN 2000
TENTANG
PENGADAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL
I. |
UMUM |
||||
Pengadaan Pegawai Negeri Sipil adalah proses kegiatan untuk mengisi formasi yang lowong. Lowongan formasi dalam suatu satuan organisasi Negara pada umumnya disebabkan adanya Pegawai Negeri Sipil yang berhenti, meninggal dunia, mutasi jabatan dan adanya pengembangan organisasi. Oleh karena pengadaan Pegawai Negeri Sipil adalah untuk mengisi formasi yang lowong, maka pengadaan dilaksanakan atas dasar kebutuhan, baik dalam arti jumlah dan mutu pegawai, maupun kompetensi jabatan yang diperlukan. |
|||||
Sehubungan dengan hal tersebut, maka setiap Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat yang ditentukan dalam Peraturan Pemerintah ini mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil. |
|||||
Hal ini berarti bahwa pengadaan Pegawai Negeri Sipil harus didasarkan atas
kebutuhan dan dilakukan secara obyektif sesuai dengan syarat yang ditentukan.
|
|||||
II. |
PASAL DEMI PASAL |
||||
Pasal 1 |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Pasal 2 |
|||||
Ayat (1) |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Ayat (2) |
|||||
Khusus dilingkungan Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Sekretariat Militer, Sekretariat Presiden, dan Sekretariat Wakil Presiden, penyelenggaraan urusan administrasi kepegawaian dalam rangka pengadaan Pegawai Negeri Sipil yang menjadi wewenang Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet, Sekretaris Militer, Sekretaris Presiden dan Sekretaris Wakil Presiden dilaksanakan dan dikoordinasikan oleh Sekretaris Kabinet. |
|||||
Penjelasan ini berlaku selanjutnya dalam Peraturan Pemerintah ini. |
|||||
Pasal 3 |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Pasal 4 |
|||||
Dalam ketentuan ini yang dimaksud dengan perencanaan pengadaan Pegawai Negeri Sipil adalah penjadwalan kegiatan yang dimulai dari inventarisasi lowongan jabatan yang telah ditetapkan dalam formasi beserta syarat jabatannya, pengumuman, pelamaran, penyaringan, pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sampai dengan pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil |
|||||
Pasal 5 |
|||||
Ayat (1) |
|||||
Pengumuman lowongan formasi dilakukan melalui media massa dan/atau bentuk lainnya. |
|||||
Ketentuan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada sebanyak mungkin Warga Negara Indonesia untuk mengajukan lamaran, dan memberikan lebih banyak kemungkinan bagi instansi untuk memilih Calon yang cakap dalam melaksanakan tugas yang akan dibebankan kepadanya. |
|||||
Ayat (2) |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Ayat (3) |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Pasal 6 |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Pasal 7 |
|||||
Ayat (1) |
|||||
Panitia yang dimaksud dalam ketentuan ini terdiri sekurang-kurangnya 3 (tiga) pejabat, yaitu seorang ketua merangkap anggota, sekretaris merangkap anggota, dan seorang anggota. |
|||||
Apabila jumlah angota panitia lebih dari 3 (tiga) orang, maka jumlahnya harus merupakan bilangan ganjil. |
|||||
Ayat (2) |
|||||
Huruf a sampai dengan huruf d |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Huruf e |
|||||
Lembar jawaban diperiksa oleh sekurang-kurangnya 2 (dua) orang pemeriksa. |
|||||
Ayat (3) |
|||||
Huruf a |
|||||
Materi test kompetensi disesuaikan dengan kebutuhan persyaratan jabatan. |
|||||
Huruf b |
|||||
Penyelenggaraan psikotes disesuaikan dengan kebutuhan persyaratan jabatan dan kemampuan instansi masing-masing. |
|||||
Pasal 8 |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Pasal 9 |
|||||
Kelengkapan administrasi yang dimaksud dalam Pasal ini termasuk surat pernyataan yang bersangkutan untuk melepaskan dari jabatan pengurus dan/atau anggota partai politik dalam hal yang bersangkutan pada saat dinyatakan lulus dalam ujian penyaringan masih menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik. |
|||||
Pasal 10 |
|||||
Ayat (1) |
|||||
Pasal 11 |
|||||
Ayat (1) |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Ayat (2) |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Ayat (3) |
|||||
Yang dimaksud dengan penetapan pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil tidak boleh berlaku surut dalam ketentuan ini adalah apabila penetapannya pada bulan yang sedang berjalan, maka mulai berlakunya adalah tanggal 1 (satu) bulan berikutnya. |
|||||
Ayat (4) |
|||||
Huruf a sampai dengan huruf f |
|||||
Cukup jelas |
|||||
Huruf g |
|||||
Yang dimaksud dengan ijazah lain yang setara adalah ijazah yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi yang bobot untuk memperolehnya setara dengan ijazah dokter dan ijazah apoteker, yang penetapan kesetaraannya dilaksanakan oleh Menteri yang bertanggung jawab di bidang pendidikan nasional. |
|||||
|
|
|
Huruf h |
||
|
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
|||
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
|||
|
Pasal 12 |
||||
|
Ayat (1) |
||||
|
Cukup jelas |
||||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
|||
|
Pasal 13 |
||||
|
Ayat (1) |
||||
Huruf a |
|||||
|
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Masa selama menjalankan tugas pemerintahan antara lain masa penugasan sebagai : |
|
|
|
|
|
- |
Lokal Staf pada Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri; |
|
|
|
|
- |
Pegawai tidak tetap; |
|
|
|
|
- |
Perangkat Desa; |
|
|
|
|
- |
Pegawai/Tenaga pada Badan badan Internasional; |
|
|
|
|
Petugas pada pemerintahan lainnya yang penghasilannya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. |
|
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
|
Masa selama menjalankan kewajiban untuk membela Negara, antara lain masa sebagai : |
|
|
|
|
|
- |
Prajurit Wajib, dan |
|
|
|
|
- |
Sukarelawan |
|
|
|
Huruf e |
||
|
|
|
|
Perusahaan milik Pemerintah terdiri dari Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah. |
|
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Dalam ketentuan ini yang dimaksud dengan perusahaan yang berbadan hukum termasuk perusahaan swasta asing yang berbadan hukum. |
||
|
Pasal 14 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Masa percobaan 1 (satu) tahun dihitung sejak terhitung mulai tanggal yang bersangkutan diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas |
||
|
Pasal 15 |
||||
|
Cukup jelas |
||||
|
Pasal 16 |
||||
|
Cukup jelas |
||||
|
Pasal 17 |
||||
|
Ayat (1) |
||||
|
|
|
Cukup jelas |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas |
||
|
Pasal 18 |
||||
|
Ayat (1) |
||||
|
|
|
Huruf a sampai dengan huruf f |
||
|
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
|
Huruf g |
||
|
|
|
|
Dalam ketentuan ini yang termasuk pengertian keterangan keterangan atau bukti-bukti yang tidak benar adalah apabila keterangan tersebut mengakibatkan kerugian pada Negara atau setelah diketahui kebenarannya seharusnya tidak memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, misalnya pada waktu melamar memberikan keterangan tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat, padahal pernah dikenakan pemberhentian tersebut, dan lain sebagainya yang serupa dengan itu. |
|
|
|
|
Huruf h dan i |
||
|
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Calon Pegawai Negeri Sipil yang dijatuhi hukuman disiplin: |
||
|
|
|
a. |
tingkat sedang, diberhentikan dengan hormat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil; |
|
|
|
|
b. |
tingkat berat, diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. |
|
|
Pasal 19 |
||||
|
Cukup jelas |
||||
|
Pasal 20 |
||||
|
Cukup jelas |
||||
|
Pasal 21 |
||||
|
Cukup jelas |
||||
|
Pasal 22 |
||||
|
Cukup jelas |
||||
|
Pasal 23 |
||||
|
Cukup jelas |
||||
|
Pasal 24 |
||||
|
Cukup jelas |
||||
|
Pasal 25 |
||||
|
Cukup jelas |
||||
TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDOESIA NOMOR 4016 |