PENJELASAN
ATAS
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 32 TAHUN 2009
TENTANG
TEMPAT PENIMBUNAN BERIKAT
I. |
UMUM |
||||
|
Dalam era globalisasi perdagangan dunia sekarang ini, persaingan untuk mendapatkan pasar bagi produk industri bukan minyak dan gas bumi sedemikian ketatnya. Oleh karena itu daya saing produk ekspor Indonesia perlu ditingkatkan antara lain dengan jalan efisiensi proses produksi, peningkatan mutu/kualitas barang, memperlancar arus keluar masuknya barang ke dan dari Indonesia serta tersedianya sarana promosi dalam mendukung pemasarannya. Peningkatan mutu barang dan efisiensi proses produksi tersebut dapat lebih dipacu apabila persediaan bahan baku bagi kebutuhan industri dalam negeri tersedia tepat waktu dan produk yang dihasilkan belum dibebani dengan kewajiban kepabeanan, cukai, dan perpajakan. |
||||
|
Pemerintah berkomitmen untuk memberikan berbagai macam fasilitas yang lebih, mendukung terciptanya iklim investasi yang semakin kondusif agar investor lebih berminat untuk menanamkan modalnya di Indonesia, sehingga dapat membuka lapangan kerja yang semakin luas yang pada akhirnya akan mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Selain itu diharapkan pula para investor akan lebih terangsang untuk melakukan kegiatan bisnisnya secara terpadu dan dapat lebih bersaing di pasar internasional atas produk industri yang mereka hasilkan. Pemberian fasilitas tersebut diantaranya adalah kemudahan di bidang kepabeanan, cukai, dan perpajakan. |
||||
|
Pemberian fasilitas di bidang kepabeanan, cukai, dan perpajakan secara internasional dan praktik kenegaraan juga diberikan kepada para anggota korps diplomatik dan lembaga internasional secara timbal balik, serta kepada mereka yang akan berangkat ke luar negeri yang membeli barang dalam batas nilai tertentu. |
||||
|
Praktik pemberian fasilitas sebagaimana tersebut di atas, dilaksanakan dengan membentuk suatu Tempat Penimbunan Berikat yang sepenuhnya berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. |
||||
II. |
PASAL DEMI PASAL |
||||
|
Pasal 1 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 2 |
||||
|
|
Ayat 1 |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "pengawasan" adalah pengawasan atas keluar masuknya barang dari dan ke Tempat Penimbunan Berikat, untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan atas fasilitas yang diberikan. Pengawasan dilakukan dengan tetap menjamin kelancaran arus barang. |
||
|
Pasal 3 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 4 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "ketentuan kepabeanan di bidang impor" adalah mengenai ketentuan kepabeanan serta ketentuan larangan dan pembatasan. |
||
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 5 |
||||
|
|
Pengusaha Tempat Penimbunan Berikat terdiri atas: |
|||
|
|
a. |
pengusaha Gudang Berikat dan pengusaha di Gudang Berikat; |
||
|
|
b. |
pengusaha Kawasan Berikat dan pengusaha di Kawasan Berikat; |
||
|
|
c. |
pengusaha Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat dan pengusaha di Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat; |
||
|
|
d. |
pengusaha Toko Bebas Bea; |
||
|
|
e. |
pengusaha Tempat Lelang Berikat; dan |
||
|
|
f. |
pengusaha Kawasan Daur Ulang Berikat dan pengusaha di Kawasan Daur Ulang Berikat. |
||
|
Pasal 6 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Dalam hal pengusahaan Gudang Berikat dilakukan oleh 1 (satu) badan hukum, pihak yang melakukan pengusahaan disebut pengusaha Gudang Berikat. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Dalam hal pengusahaan Gudang Berikat dilakukan lebih dari 1 (satu) badan hukum, pihak yang melakukan pengusahaan disebut pengusaha di Gudang Berikat merangkap sebagai penyelenggara di Gudang Berikat. |
|
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (7) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (8) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 7 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 8 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 9 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 10 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 11 |
||||
|
|
Huruf a |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "industri di tempat lain dalam daerah pabean" antara lain industri manufaktur, industri pertambangan, industri alat berat, dan industri jasa perminyakan. |
||
|
|
Huruf b |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Huruf c |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 12 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Dalam hal pengusahaan Kawasan Berikat dilakukan oleh 1 (satu) badan hukum, pihak yang melakukan pengusahaan disebut pengusaha Kawasan Berikat. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Dalam hal pengusahaan Kawasan Berikat dilakukan lebih dari 1 (satu) badan hukum, pihak yang melakukan pengusahaan disebut pengusaha di Kawasan Berikat merangkap sebagai penyelenggara di Kawasan Berikat. |
|
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (7) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 13 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 14 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "cap Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut" adalah stempel yang bertuliskan Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut eksekusi dari Peraturan Pemerintah ini. |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "cap Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut" adalah stempel yang bertuliskan Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut eksekusi dari Peraturan Pemerintah ini. |
||
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (7) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "barang" termasuk sisa hasil produksi dari proses produksi di Kawasan Berikat. |
||
|
|
Ayat (8) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 15 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Pengusaha yang telah mendapatkan izin sebagai penyelenggara Kawasan Berikat, pengusaha Kawasan Berikat, dan/atau pengusaha di Kawasan Berikat dapat diberi fasilitas penangguhan Bea Masuk dan tidak dipungut Pajak Dalam Rangka Impor atas impor barang modal dan peralatan perkantoran yang semata-mata dipakai di Tempat Penimbunan Berikat yang bersangkutan. Termasuk dalam pengertian barang modal adalah peralatan untuk pembangunan/konstruksi/perluasan Kawasan Berikat. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Yang termasuk dalam peralatan perkantoran yang habis pakai antara lain kertas, tinta, pita mesin tik/printer, dan disket. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 16 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 17 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 18 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 19 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (7) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (8) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Kewajiban untuk membuat faktur pajak dan memungut Pajak Pertambahan Nilai timbul karena barang tersebut dianggap telah diserahkan kepada pengusaha di tempat lain dalam daerah pabean. |
|
|
|
Ayat (9) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 20 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Pada dasarnya pengusaha Kawasan Berikat dan pengusaha di Kawasan Berikat dapat mengeluarkan sisa hasil produksi/limbah (waste/scrap) ke tempat lain dalam daerah pabean dengan pertimbangan sisa hasil produksi/limbah (waste/scrap) merupakan sisa yang dihasilkan dari proses produksi yang terjadi di dalam Kawasan Berikat di wilayah Indonesia dan bukan merupakan sisa hasil produksi/limbah (waste/scrap) yang diimpor langsung dari luar negeri. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 21 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 22 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Dalam hal pengusahaan Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat tetap, dilakukan oleh 1 (satu) badan hukum, pihak yang melakukan pengusahaan disebut pengusaha Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat tetap. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Dalam hal pengusahaan Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat tetap, dilakukan lebih dari 1 (satu) badan hukum, pihak yang melakukan pengusahaan disebut pengusaha di Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat tetap merangkap sebagai Penyelenggara di Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat tetap. |
|
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 23 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 24 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "cap Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut" adalah stempel yang bertuliskan Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut eksekusi dari Peraturan Pemerintah ini. |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "cap Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut" adalah stempel yang bertuliskan Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut eksekusi dari Peraturan Pemerintah ini. |
||
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (7) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (8) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (9) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 25 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 26 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 27 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 28 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 29 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 30 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "cap Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut" adalah stempel yang bertuliskan Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut eksekusi dari Peraturan Pemerintah ini. |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "cap Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut" adalah stempel yang bertuliskan Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut eksekusi dari Peraturan Pemerintah ini. |
||
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 31 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 32 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 33 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 34 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 35 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "cap Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut" adalah Stempel yang bertuliskan Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut eksekusi dari Peraturan Pemerintah ini. |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 36 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 37 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Dalam hal pengusahaan Kawasan Daur Ulang Berikat dilakukan oleh 1 (satu) badan hukum, pihak yang melakukan pengusahaan disebut pengusaha Kawasan Daur Ulang Berikat. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Dalam hal pengusahaan Kawasan Daur Ulang Berikat dilakukan lebih dari 1 (satu) badan hukum, pihak yang melakukan pengusahaan disebut pengusaha di Kawasan Daur Ulang Berikat merangkap sebagai penyelenggara di Kawasan Daur Ulang Berikat. |
|
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (7) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 38 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "cap Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut" adalah stempel yang bertuliskan Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut eksekusi dari Peraturan Pemerintah ini. |
||
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "cap Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut" adalah stempel yang bertuliskan Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah tidak dipungut eksekusi dari Peraturan Pemerintah ini. |
||
|
|
Ayat (6) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (7) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (8) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 39 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "batas-batas yang jelas" adalah batas yang berupa tembok yang memisahkan antara Kawasan Daur Ulang Berikat dengan bangunan, tempat, atau kawasan lain di luar Kawasan Daur Ulang Berikat. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf e |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
Pasal 40 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf e |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf f |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
Pasal 41 |
|||||
Ayat (1) |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Ayat (2) |
|||||
Huruf a |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Huruf b |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Huruf c |
|||||
Yang dimaksud dengan "izin lainnya" antara lain izin mendirikan bangunan, akta pendirian usaha, dan kartu identitas pemohon izin. |
|||||
Huruf d |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Huruf e |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Huruf f |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Huruf g |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Pasal 42 |
|||||
Ayat (1) |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Ayat (2) |
|||||
Huruf a |
|||||
yang dimaksud dengan "tersortir" adalah limbah yang digunakan sebagai bahan baku yang tidak tercampur dengan jenis limbah lain dengan impuritis maksimal 3% (tiga perseratus) yang dibuktikan dengan sertifikasi surveyor dari negara asal. |
|||||
Huruf b |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Huruf c |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Huruf d |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Huruf e |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Ayat (3) |
|||||
Cukup jelas. |
|||||
Ayat (4) |
|||||
Dalam hal kegiatan pengolahan menghasilkan limbah lain yang tidak dapat diolah, dinetralkan, atau ditangani oleh pengusaha Kawasan Daur Ulang Berikat atau pengusaha di Kawasan Daur Ulang Berikat, izin Kawasan Daur Ulang Berikat dicabut dan yang bersangkutan dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang lingkungan hidup. |
|||||
|
Pasal 43 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Pembekuan izin Tempat Penimbunan Berikat merupakan tindak lanjut dari hasil pemeriksaan dan/atau hasil audit yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terhadap Tempat Penimbunan Berikat yang bersangkutan. Dengan pembekuan izin Tempat Penimbunan Berikat maka penyelenggara dan/atau pengusaha Tempat Penimbunan Berikat tidak diperkenankan untuk memasukkan barang ke Tempat Penimbunan Berikat, sedangkan atas kegiatan yang dilakukan atau ada di dalam Tempat Penimbunan Berikat masih tetap diizinkan dan barang hasil kegiatan dapat dikeluarkan dari Tempat Penimbunan Berikat. |
|
|
|
|
|
Kegiatan yang menyimpang dari izin yang diberikan antara lain: |
|
|
|
|
|
a. |
pengusaha Kawasan berikat memasukkan bahan baku yang tidak sejenis dengan jenis bahan baku yang digunakan untuk produksinya (misalnya perusahaan elektronik memasukkan suku cadang kendaraan bermotor); |
|
|
|
|
b. |
pengusaha Gudang Berikat menimbun barang asal tempat lain dalam daerah pabean; |
|
|
|
|
c. |
pengusaha Toko Bebas Bea menjual barang kepada orang yang tidak berhak membeli di Toko Bebas Bea; |
|
|
|
|
d. |
pengusaha Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat melakukan kegiatan lain selain kegiatan pameran internasional di Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat; |
|
|
|
|
e. |
pengusaha Tempat Lelang Berikat melakukan kegiatan lain selain kegiatan lelang internasional di Tempat Lelang Berikat; atau |
|
|
|
|
f. |
pengusaha Kawasan Daur Ulang Berikat menimbun bahan baku berupa limbah di dalam Kawasan Daur Ulang Berikat melebihi batas waktu yang telah ditentukan. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Ketidakmampuan dalam penyelenggaraan dan/atau pengusahaan Tempat Penimbunan Berikat antara lain seperti penyelenggara dan/atau pengusaha Tempat Penimbunan Berikat tidak menyelenggarakan pembukuan dalam seluruh kegiatannya atau Tempat Penimbunan Berikat tidak melakukan kegiatan dalam jangka waktu tertentu secara terus menerus atau penyelenggara dan/atau pengusaha tidak melunasi utangnya. |
|
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "tidak mampu" adalah pengusaha dinilai tidak mampu menyelenggarakan Tempat Penimbunan Berikat berdasarkan hasil audit Pejabat Bea dan Cukai terhadap Tempat Penimbunan Berikat. |
|
|
Pasal 44 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 45 |
||||
|
|
Huruf a |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Huruf b |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Huruf c |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Huruf d |
|||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "tidak jujur" antara lain menyalahgunakan fasilitas Tempat Penimbunan Berikat dan melakukan tindak pidana di bidang kepabeanan. |
||
|
|
Huruf e |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 46 |
||||
|
|
Ayat (1) |
|||
|
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor yang terutang" adalah semua utang yang timbul akibat pemasukan barang ke Tempat Penimbunan Berikat baik berupa utang yang berasal dari hasil temuan audit kepabeanan maupun utang yang terjadi karena pengeluaran barang dari Tempat Penimbunan Berikat ke tempat lain dalam daerah pabean. |
|
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
Pasal 47 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 48 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 49 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
|
Pasal 50 |
||||
|
|
Cukup jelas. |
|||
TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 4998 |