Menimbang
|
:
|
a.
|
bahwa Undang-undang No. 19 tahun 1964 tentan Ketentuan-ketentuan Pokok
Kekuasaan Kehakiman Lembaran-Negara tahun 1964 No. 107) tidak merupakan
pelaksanaan murnidan pasal 24 Undang-undang Dasar 1. 1945, karena memuat
ketentuan-ketentuan yang bertentangan dengan Undang-undang Dasar 1945,
|
|
|
|
|
|
b.
|
bahwa Undang-undang No. 19 tahun 1964 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok
Kekuasaan Kehakiman (Lembaran Negara tahun 1964 No. 107) telah dinyatakan
tidak berlaku dengan undang-undang No. 6 tahun 1969 tetapi saat tidak berlakunya
Undang-undang tersebut ditetapkan saat Undang-undang yang menggantikannya
mulai berlaku;
|
|
|
|
|
|
c.
|
bahwa berhubung dengan hal-hal tersebut perlu ditetapkan Undang-undang
baru mengenai Ketentuan-ketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman yang sesuai
dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945;
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengingat
|
:
|
1.
|
Pasal 5 ayat (1), Pasal 20 ayat (1), Pasal 24 dan Pasal 25 Undang-undang
Dasar 1945;
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara No.X/MPRS/1966 pasal
2 dan pasal 3;
|
|
|
|
|
|
3.
|
Undang-undang No. 6 tahun 1969;
Dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M e m u t u s k a n :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertama
|
:
|
Mencabut Undang-undang No. 19 tahun 1964 tentang Ketentuan-ketentuan
Pokok Kekuasaan Kehakiman.
|
|
|
|
|
Menetapkan
|
:
|
UNDANG-UNDANG TENTANG KETENTUAN-KETENTUAN POKOK KEKUASAAN Mencabut
\par \par : \par \par \par Undang-undang No. 19 tahun 1964 tentang Ketentuan-ketentuan
\par Pokok Kekuasaan Kehakiman.KEHAKIMAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1
Kekuasaan Kehakiman adalah kekuasaan Negara yang merdekan untuk menyelenggarakan
peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan \par Pancasila,
demi terselenggaranya Negara Hukum Republik Indonesia.
Pasal 2
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Penyelenggaraan Kekuasaan Kehakiman tercantum dalam pasal 1 diserahkan
kepada Badan-badan peradilan dan ditetapkan dengan Undang-undang, dengan
tugas pokok untuk menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan
setiap perkara yang diajukan kepadanya.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Tugas lain dari pada yang tersebut pada ayat (1) dapat diberikan kepadanya
berdasarkan peraturan perundangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Semua peradilan diseluruh wilayah Republik Indonesia adalah peradilan
Negara dan ditetapkan dengan Undang-undang.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Peradilan Negara meneterapkan dan menegakkan hukum dan keadilan yang
berdasarkan Pancasila.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Peradilan dilakukan ,,DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA
ESA".
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Peradilan dilakukan dengan sederhana, cepat dan biaya ringan.
|
|
|
|
|
|
(3)
|
Segala campur tangan dalam urusan peradilan oleh fihak-fihak lain diluar
Kekuasaan Kehakiman dilarang, kecuali dalam hal-hal yang tersebut dalam
Undang-undang Dasar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
|
Pengadilan mengadili menurut hukum dengan tidak membeda-bedakan orang.
|
|
|
|
|
|
(2)
|
Dalam perkara perdata Pengadilan membantu para pencari keadilan dan
berusaha sekeras-kerasnya mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk
dapat tercapainya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.
|
|
|
|