PENJELASAN
ATAS
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 3 TAHUN 1999
TENTANG
PEMILIHAN UMUM
UMUM |
||||
1. |
Dasar Pikiran |
|||
|
Negara Republik Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berdasarkan kedaulatan rakyat. Prinsip ini tercantum dalam Undang Undang-Dasar 1945. Untuk melaksanakan prinsip kedaulatan rakyat yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, perlu dibentuk lembaga-lembaga permusyawaratan/perwakilan rakyat yang anggota-anggotanya dipilih melalui Pemilihan Umum yang dilaksanakan secara demokratis dan transparan (keterbukaan). |
|||
|
Pemilihan Umum merupakan sarana demokrasi guna mewujudkan sistem pemerintahan negara yang berkedaulatan rakyat. Pemerintah negara yang dibentuk melalui Pemilihan Umum itu adalah yang berasai dari rakyat, dijalankan sesuai dengan kehendak rakyat dan diabdikan untuk kesejahteraan rakyat. |
|||
|
Hanya kekuasaan Pemerintah negara yang memancarkan kedaulatan rakyatlah yang memiliki kewibawaan kuat sebagai pemerintahan yang amanah. Pemerintahan yang dibentuk melalui suatu Pemilihan Umum akan memiliki legitimasi yang kuat. |
|||
|
Dasar pemikiran tersebut di atas, merupakan penegasan pelaksanaan semangat dan jiwa Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sesuai tuntutan reformasi. |
|||
2. |
Tujuan Pemilihan Umum |
|||
|
Guna mewujudkan tata kehidupan negara sebagaimana dimaksud oleh Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, serta cita-cita proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, perlu diselenggarakan Pemilihan Ilmum. |
|||
|
Pemilihan Umum bertujuan untuk memiiih wakil rakyat untuk duduk di dalam lembaga permusyawaratan/perwakilan rakyat, membentuk pemerintahan, melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan, dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
|||
|
Pemilihan Umum yang demokratis merupakan sarana untuk menegakkan kedaulatan rakyat dan untuk mencapai tujuan negara. Oleh karena itu Pemilihan Umum tidak boleh menyebabkan rusaknya sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. |
|||
3. |
Asas Pemilihan Umum |
|||
|
Berdasarkan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor XIV/MPR/1998 tentang Perubahan dan tambahan Atas Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor III/MPR/1998 tentang Pemilihan Umum, bahwa Pemilihan Umum diselenggarakan secara demokratis dan transparan, berdasarkan asas jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia. |
|||
|
Pengertian asas pemilihan umum adalah : |
|||
|
a. |
Jujur |
||
|
|
Dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum; Penyelenggara/ Pelaksana, Pemerintah dan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum, Pengawas dan Pemantau Pemilihan Umum, termasuk Pemilih, serta semua pihak yang terlibat secara tidak langsung, harus bersikap dan bertindak jujur sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. |
||
|
b. |
Adil |
||
|
|
Dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum, setiap Pemilih dan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum mendapat perlakuan yang sama, serta bebas dari kecurangan pihak manapun. |
||
|
c. |
Langsung |
||
|
|
Rakyat pemilih mempunyai hak untuk secara langsung memberikan suaranya sesuai dengan kehendak hati nuraninya, tanpa perantara. |
||
|
d. |
Umum |
||
|
|
Pada dasarnya semua warga negara yang memenuhi persyaratan minimal dalam usia, yaitu sudah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah/pernah kawin berhak ikut dalam pemilihan umum Warga negara yang sudah berumur 21 (dua puluh satu) tahun berhak dipilih. |
||
|
|
Jadi, pemilihan yang bersifat umum mengandung makna menjamin kesempatan yang berlaku menyeluruh bagi semua warga negara yang telah memenuhi persyaratan tertentu tanpa diskriminasi (pengecualian) berdasar acuan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, kedaerahan, dan status sosial. |
||
|
e. |
Bebas |
||
|
|
Setiap warga negara yang berhak memilih bebas menentukan pilihannya tanpa tekanan dan paksaan dari siapapun. Di dalam melaksanakan haknya, setiap warga negara dijamin keamanannya, sehingga dapat memilih sesuai dengan kehendak hati nurani dan kepentingannya. |
||
|
f. |
Rahasia |
||
|
|
Dalam memberikan suaranya, pemilih dijamin bahwa pilihannya tidak akan diketahui oleh pihak manapun dan dengan jalan apapun. Pemilih memberikan suaranya pada suara dengan tidak dapat diketahui oleh orang lain kepada siapa suaranya diberikan. Asas rahasia ini tidak berlaku lagi bagi pemilih yang telah keluar dari tempat pemungutan suara dan secara sukarela bersedia mengungkapkan pilihannya kepada pihak manapun. |
||
4. |
Sistem Pemilihan |
|||
|
Untuk pemilihan Anggota DPR, DPRD I, dan DPRD II digunakan sistem proporsional berdasarkan stelsel daftar. |
|||
5. |
ABRI |
|||
|
ABRI dalam sejarah kehidupan politik nasional, memainkan peranan dalam sistempolitik Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan ABRI masih diperlukan di DPR, DPRD I, dan DPRD II yang secara bertahap jumlahnya akan dikurangi sesuai dengan Ketetapan MPR Nomor XIV /MPR/1998. |
|||
PASAL DEMI PASAL |
||||
Pasal 1 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Telah dijelaskan dalam Penjelasan Umum. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Pemilihan Umum diadakan pada waktu yang bersamaan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk di tempat-tempat pemungutan suara di luar negeri. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Pasal 2 ayat (1) Undang Undang Dasar 1945 menentukan bahwa Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri dari Anggota-anggota DPR ditambah dengan utusan-utusan dari daerah-daerah dan golongan-golongan. |
||
|
|
Oleh Karena itu, Pemilihan Umum Anggota DPR yang diatur dengan Undang-undang ini adalah juga untuk mengisi keanggotaan MPR. |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (7) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 2 |
||||
|
Pemilihan Umum diselenggarakan/dilaksanakan atas prinsip-prinsip demokrasi dan transparan (keterbukaan) dalam arti bahwa penyelenggaraan/pelaksanaan Pemilihan Umum, yaitu KPU, PPI, PPD I, PPD II, PPLN, PPK, PPS, KPPS, Partai Politik Peserta Pemilihan Umum, dan para pemilih, serta Panitia Pengawas harus betul-betul menghargai semangat demokrasi dan keterbukaan, dimana prinsip keadilan, kebebasan, kesetaraan, dan tanggung jawab harus dihormati. Karena itu, tujuan untuk memenangkan Pemilihan Umum harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. |
|||
Pasal 3 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
Pasal 4 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Penetapan jumlah penduduk untuk 1 (satu) kursi Anggota DPR ditetapkan oleh KPU. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 5 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf e |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf f |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 6 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf e |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf f |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 7 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 8 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Yang dimaksud dalam ayat ini, Presiden dalam kedudukannya sebagai Mandataris MPR. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
KPU yang bebas dan mandiri adalah sebuah badan yang tidak di bawah pengaruh dan atau kendali, secara langsung ataupun tidak langsung, baik oleh salah satu Partai Politik yang ikut Pemilihan Umum maupun oleh Pemerintah. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Yang dimaksud dalam ayat ini, Presiden dalam kedudukannya sebagai Kepala Negara |
||
Pasal 9 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Yang dimaksud "berimbang" dalam ayat ini adalah jumlah suara dari Wakil-wakil Partai Potitik Peserta Pemilihan Umum dan unsur Pemerintah adalah sama banyak. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (7) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (8) |
|||
|
|
Sekretariat KPU adalah sebuah badan Pemerintah yang membantu tugas-tugas KPU dalam pelayanan administrasi KPU, yang dipimpin oleh seorang Sekretaris Umum dan dibantu oleh seorang Wakil Sekretaris Umum. |
||
|
Ayat (9) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (10) |
|||
|
|
Sekretaris Umum dan Wakil Sekretaris Umum bukan jabatan politis, melainkan jabatan karier. |
||
|
Ayat (11) |
|||
|
|
Pertanggung jawaban Sekretaris Umum secara teknis administratif selanjutnya diatur oleh Presiden. |
||
Pasal 10 |
||||
|
Huruf a |
|||
|
|
Yang dimaksud merencanakan dan mempersiapkan Pemilihan Umum adalah termasuk merencanakan dan mempersiapkan tahap-tahap kegiatan penyelenggaraan/pelaksanaan Pemilihan Umum, dimulai dari pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilihan Umum sampai peresmian keanggotaan DPRD II. DPRD I. DPR, dan MPR. |
||
|
Huruf b |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf c |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf d |
|||
|
|
Penetapan jumlah kursi anggota DPR, DPRD I, dan DPRD II, untuk setiap daerah pemilihan, dengan memperhatikan ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 1999 tentang Susunan dan Kedudukan MPR, DPR, dan DPRD. |
||
|
Huruf e |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf f |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf g |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 11 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 12 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 13 |
||||
|
Huruf a |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf b |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf c |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf d |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 14 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 15 |
||||
|
Huruf a |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf b |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf c |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf d |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf e |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 16 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 17 |
||||
|
Huruf a |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf b |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf c |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf d |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf e |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 18 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 19 |
||||
|
Huruf a |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf b |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf c |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 20 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Sekretariat PPI juga mengurus administrasi pemilihan dan hasil perhitungan suara di luar negeri (PPLN). |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 21 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
UPT adalah wilayah kerja PPS setingkat Desa/Kelurahan yang bertugas melakukan pendaftaran pemilih dan membentuk KPPS di wilayah UPT. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 22 |
||||
|
Huruf a |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf b |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf c |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 23 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Wakil masyarakat yang dimaksud pada ayat ini dipilih dari Pengurus Rukun Warga dan Rukun Tetangga, termasuk tokoh masyarakat. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Penempatan petugas anggota Pertahanan Sipil sebagai petugas keamanan TPS, diatur dalam petunjuk teknis KPU. |
||
|
Ayat (7) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan TPS pada ayat ini, termasuk TPS di luar negeri. |
||
|
|
Hal-hal berkenaan dengan persiapan dan pelaksanaan pemungutan/penghitungan suara di TPS diatur dalam petunjuk teknis KPU. |
||
|
Ayat (8) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan Partai Politik setempat ialah jajaran partai yang dimiliki oleh Partai Politik Peserta Pemilihan Umum sesuai dengan kondisi masing-masing mulai dari tingkat terbawah sampai tingkat pusat. |
||
Pasal 24 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Panitia Pengawas Pemilihan Umum adalah panitia bersifat bebas dan mandiri yang bertugas mengawasi penyelenggaraan/pelaksanaan Pemilihan Umum guna menjamin terselenggaranya Pemilihan Umum yang jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan unsur Perguruan Tinggi adalah dosen dan atau mahasiswa. |
||
|
|
Yang dimaksud dengan unsur masyarakat pada ayat ini adalah tokoh-tokoh masyarakat setempat, pemuka agama, pemangku adat, budayawan, Panitia Pengawas Tingkat Pusat sampai dengan Tingkat Kecamatan bersikap netral, dan tidak beranggotakan unsur-unsur Partai Politik peserta Pemilihan Umum (nonpartisan) dan Pemerintah. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Anegota Panitia Pengawas dari Unsur Perguruan Tinggi sebagaimana dimaksud pada ayat ini sepanjang ada di daerah tersebut. |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 25 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 26 |
||||
|
Huruf a |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf b |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf c |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 27 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 28 |
||||
|
Ketentuan Pasal ini juga berlaku bagi warga negasa Republik Indonesia yang terlibat langsung ataupun tak langsung dalam "G 30S/PKI" dan organisasi terlarang lainnya, kecuali peraturan perundang-undangan menentukan lain. |
|||
Pasal 29 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Yang dimaksud dengan hak pilih adalah hak memilih dan hak dipilih. |
|
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 30 |
||||
|
Anggota Angkatan Bersenjata Republik Indonesia melindungi semua warga negara Indonesia dan tidak memihak kepada salah satu partai politik, maka tidak menggunakan hak memilih. |
|||
Pasal 31 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 32 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan bukti diri lainnya yang sah, antara lain Surat Izin Mengemudi, Ijazah, Surat Nikah, Paspor, dan Kartu Keluarga. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 33 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 34 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 35 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Untuk memudahkan warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, maka warga negara tersebut dapat mendaftar diri kepada Panitia Pemilihan Luar Neeeri yang dibentuk pada setiap kantor Perwakilan Indonesia di luar negeri. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan wakil-wakil masyarakat Indonesia adalah warga negara yang berdomisili dalam wilayah kerja Kantor Perwakilan RI. setempat. |
||
|
|
Kepala Perwakilan RI. mempertimbangkan usulan dari Pimpinan Pusat Partai Politik Peserta Pemilihan Umum, sepanjang ada usulan yang masuk sesuai batas waktu yang ditentukan oleh KPU. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 36 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 37 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Seorang pemiiih terdaftar yang berpindah tempat tinggal diwajibkan melapor kepada Panitia Pemungutan Suara di tempat ia berasal dan Panitia Pemungutan Suara di tempat tinggalnya yang baru. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka menghindari penyalahgunaan hak memilihnya. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan "terpaksa" ialah karena menjalankan tugas pelayanan masyarakat yang tidak dapat dihindari di saat pemungutan suara atau karena kondisi tak terduga di luar kemauan yang bersangkutan antara lain : sakit rawat inap, masuk Rutan/Lapas, tertimpa bencana alam. |
||
Pasal 38 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
PPS mengumumkan daftar pemilih sementara agar masyarakat dapat mengusulkan koreksi terhadap isi daftar pemilih sementara tersebut. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Hasil koreksi masyarakat terhadap daftar pemilih sementara merupakan bahan PPS untuk menyempurnakan daftar pemilih sementara menjadi daftar pemilih tetap untuk disahkan oleh PPK. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Ketentuan pada ayat ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada pemilih yang namanya belum tercantum dalam daftar pemilih sementara/tetap untuk dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Keharusan memberikan salinan tersebut di atas hanya dilaksanakan sepanjang di Kecamatan dimana desa tersebut berada terdapat alat untuk menggandakan. |
||
Pasal 39 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Syarat jumlah pengurus tersebut untuk menunjukkan bahwa partai politik yang menjadi peserta Pemilihan Umum betul-betul memiliki jaringan organisasi dan basis keanggotaan yang representatif secara nasional. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Nama dan tanda gambar yang dimaksud adalah nama dan tanda gambar yang sama dengan nama dan lambang Partai Politik yang bersangkutan. |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Dengan demikian terdapat dua kategori : Partai Politik yang terdaftar dan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum. Partai Politik yang terdaftar adalah Partai Politik yang telah memenuhi syarat-syarat pembentukan dan pendaftaran Partai Politik sesuai ketentuan dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 1999 tentang Partai Politik, sedangkan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum adalah partai yang telah terdaftar dan telah memenuhi syarat-syarat keikutsertaan dalam Pemilihan Umum sebagaimana ditentukan dalam Undang-undang ini. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Partai Politik yang telah memenuhi ketentuan ayat ini, untuk dapat menjadi peserta Pemilihan Umum berikutnya tetap harus memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud ayat (1) huruf a, b, dan c. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Yang dimaksud "bergabung" pada ayat ini, ialah mengadakan fusi atau menyatukan diri pada Partai Politik lain. |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 40 |
||||
|
Huruf a |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf b |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf c |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf d |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf e |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf f |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan "tanda gambar partai politik yang telah ada" ialah tanda gambar Partai Politik yang telah mengikuti Pemilihan Umum 1997 (PPP, Golkar, dan PDT) dan tanda gambar Partai Politik baru yang telah lebih dahulu mendaftar sesuai dengan Undang-undang ini. |
||
Pasal 41 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan 1 (satu) Lembaga Perwakilan Rakyat adalah hanya tercantum dalam 1 (satu) daftar calon DPR atau DPRD I atau DPRD II. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Usulan tertulis Pimpinan Partai Politik Daerah Tingkat II sebagaimana dimaksud pada ayat ini disampaikan melalui Pimpinan Partai Politik Daerah Tingkat I. |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
Pasal 42 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 43 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Calon Anggota DPRD I dan DPRD II harus berdomisili di daerah pemilihan yang sesuai dengan daerah pencalonannya. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Keterangan dapat berbahasa Indonesia, cakap membaca dan menulis, dapat dibuat oleh Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Sebagai pengganti ijazah SLTA, keterangan bahwa calon yang bersangkutan berpengetahuan yang sederajat dan berpengalaman dalam bidang kemasyarakatan dapat dibuat oleh Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum. |
|
|
|
Huruf e |
||
|
|
|
Keterangan setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang Undang Dasar 1945, dan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945 didasarkan atas rekomendasi oleh Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum oleh karena itu tidak diperlukan lagi lembaga Penelitian Khusus (Litsus). |
|
|
|
Huruf f |
||
|
|
|
Untuk mengetahui seseorang calon bukan bekas anggota organisasi terlarang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf f ini Pemerintah berkewajiban menyampaikan kepada KPU daftar nama-nama warga negara Republik Indonesia yang terlibat langsung ataupun tak langsung dalam "G 30 S/PKI" atau organisasi terlarang lainnya. |
|
|
|
Huruf g |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf h |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf i |
||
|
|
|
Keterangan mengenai nyata-nyata tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya dibuktikan dengan surat keterangan dokter umum Pemerintah. |
|
|
|
Huruf j |
||
|
|
|
Yang dimaksud dengan daftar pemilih, yaitu daftar pemilih tetap atau tambahan. |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 44 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Daftar kekayaan pribadi memuat seluruh harta bergerak dan tidak bergerak yang dimiliki seorang calon pada saat dicalonkan. |
|
|
|
Huruf e |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf f |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 45 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan Daftar Calon dalam Pasal ini meliputi Daftar Calon Sementara dan Daftar Calon Tetap. |
||
|
|
Daftar calon tetap disusun dan diumumkan setelah memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberi penilaian terhadap daftar calon sementara. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 46 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Waktu 2 (dua) hari merupakan masa tenang dan tidak lagi ada kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai kegiatan kampanye. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 47 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Larangan-larangan dalam Pasal ini dimaksudkan agar kampanye dapat berjalan dengan bebas, lancar, aman, tertib, serta tidak membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa. |
||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
yang dimaksud dengan mempersoalkan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mempersoalkan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf e |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf f |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf g |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf h |
||
|
|
|
Yang dimaksud dengan "menggerakkan massa dari satu daerah ke daerah lain" adalah perpindahan massa dari satu Daerah Tingkat II ke Daerah Tingkat II lainnya, yang selanjutnya diatur oleh KPU dengan mempertimbangkan kondisi obyektif daerah yang bersangkutan. |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Disamping dibubarkan atau diberhentikannya kampanye, pelaku pelanggaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a s/d f dapat dikenakan ketentuan-ketentuan KUHP. |
||
Pasal 48 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Dana yang dimaksud pada ayat ini termasuk barang yang dinilai menurut harga pasar yang berlaku. |
||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
"Dana" yang dimaksud ayat (1) huruf b diberikan sepanjang ada anggaran yang khusus disediakan untuk Partai Politik peserta Pemilihan Umum. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Dana kampanye yang dimaksud pada ayat ini adalah di luar sumbangan sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 1999 tentang Partai Politik. |
||
|
|
Untuk mencegah adanya politik uang (money politics), maka perlu adanya pembatasan dana kampanye yang diatur oleh KPU. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 49 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 50 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Hari pemungutan suara pada hari libur atau hari yang diliburkan. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 51 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Pemungutan suara dapat mengambil tempat di gedung-gedung sekolah, balai-balai pertemuan masyarakat, dan sebagainya, dan tidak harus mendirikan tempat atau bilik suara secara khusus. |
||
Pasal 52 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Yang dimaksud "pemilih terdaftar yang menggunakan hak pilihnya di tempat lain" pada ayat ini adalah sebagai pelaksanaan Pasal 36 ayat (3). |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 53 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 54 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Pada waktu Ketua KPPS menandatangani surat suara disaksikan oleh para saksi Partai Politik Peserta Pemilihan Umum yang hadir. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 55 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Tanda khusus yang dimaksud pada ayat ini dibuat untuk mencegah agar pemilih tidak menggunakan hak memilihnya lebih dari 1 (satu) kali. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 56 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan "berbagai pihak" pada ayat ini adalah pihak-pihak yang mempunyai kepentingan terhadap berlangsungnya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, antara lain pemantau Pemilihan Umum dan masyarakat. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Jika tidak ada saksi dari Parpol maka Ketua KPPS dapat meminta sekurang-kurangnya 2 orang pemilih untuk menjadi saksi. |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Apabila keberatan saksi tidak dapat diterima oleh KPPS, maka keberatan tersebut dicatat dalam berita acara untuk diselesaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. |
||
Pasal 57 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Berita Acara dan Sertifikat Hasil Penghitungan Suara adalah dua hal yang berbeda. Berita Acara memuat tentang laporan kegiatan penyelenggaraan pemungutan suara di TPS, sedangkan Sertifikat Hasil Penghitungan Suara memuat rincian hasil penghitungan suara di TPS. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 58 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Berita Acara memuat tentang laporan kegiatan penyelenggaraan Pemungutan suara di desa/kelurahan yang bersangkutan, sedangkan Sertifikat Tabulasi Hasil Penghitungan Suara memuat tabulasi hasil penghitungan suara di desa/kelurahan yang bersangkutan. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Lihat penjelasan Pasal 56 ayat (5) |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 59 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Lihat penjelasan Pasal 58 ayat (4) |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Lihat penjelasan Pasal 58 ayat (1) |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 60 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Lihat penjelasan Pasal 59 ayat (4) |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Lihat penjelasan Pasal 59 ayat (5) |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 61 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Lihat penjelasan Pasal 60 ayat (4) |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Lihat penjelasan Pasal 60 ayat (5) |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 62 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Lihat penjelasan Pasal 61 ayat (4) |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Lihat penjelasan Pasal 61 ayat (5) |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 63 |
||||
|
Yang dimaksud dengan "tidak menghalangi proses Pemilihan Umum" dalam Pasal ini adalah tidak menghentikan tahapan kegiatan pelaksanaan Pemilihan Umum, dengan tetap menyelesaikan keberatan yang diajukan oleh saksi utusan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum berdasarkan ketentuan yang berlaku. |
|||
Pasal 64 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 65 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 66 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 67 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 68 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 69 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 70 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 71 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 72 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 73 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan jalannya Pemilihan Umum pada ayat ini adalah seluruh tahapan kegiatan penyelenggaraan Pemilihan Umum. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (7) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (8) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (9) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (10) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan "penyelenggara Pemilihan Umum" KPU, Pelaksana, dan Pengawas. |
||
|
Ayat (11) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 74 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 75 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 76 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 77 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 78 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 79 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 80 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 81 |
||||
|
Huruf a |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf b |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf c |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 82 |
||||
|
Huruf a |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Huruf b |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 83 |
||||
|
Ketentuan dalam Pasal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada KPU untuk mempersiapkan Pemilihan Umum tahun 2004. |
|||
Pasal 84 |
||||
|
Dalam menetapkan Peraturan Pemerintah, Pemerintah wajib mempertimbangkan masukan dari KPU. |
|||
Pasal 85 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 86 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR |