|
Angka 30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas
|
|
|
|
|
|
|
|
Angka 31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (1)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dalam Undang-undang ini ditentukan siapa yang menjadi wakil
untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan Wajib Pajak terhadap badan,
badan dalam pembubaran , warisan yang belum
dibagi, dan anak yang belum dewasa atau orang yang berada dalam pengampuan.
Bagi Wajib Pajak tersebut perlu ditentukan siapa yang menjadi wakil atau
kuasanya, oleh karena mereka tidak dapat atau tidak mungkin melakukan sendiri
tindakan hukum tersebut.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (2)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat ini menegaskan bahwa wakil dari Wajib Pajak yang diatur
dalam Undang-undang ini bertanggungjawab secara pribadi atau secara renteng
atas pembayaran pajak yang terutang.
Pengecualian dapat dipertimbangkan oleh Direktur Jenderal Pajak apabila
wakil Wajib Pajak dapat membuktikan dan meyakinkan bahwa dalam kedudukannya,
menurut kewajaran dan kepatutan tidak mungkin dimintakan pertanggungjawaban
secara pribadi atau secara renteng.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (3)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat ini memberikan kelonggaran dan kesempatan bagi Wajib
Pajak untuk minta bantuan pihak lain yang memahami masalah perpajakan sebagai
kuasanya, untuk dan atas namanya membantu melaksanakan hak dan kewajiban
perpajakan Wajib Pajak.
Bantuan tersebut meliputi pelaksanaan kewajiban formal dan materiil
serta pemenuhan hak Wajib Pajak yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan
perpajakan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (3a)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (4)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Orang yang nyata-nyata mempunyai wewenang dalam menentukan kebijaksanaan
dan atau mengambil keputusan dalam rangka menjalankan kegiatan perusahaan,
misalnya berwenang menandatangani kontrak dengan pihak ketiga, menandatangani
cek, dan sebagainya, walaupun orang tersebut tidak tercantum namanya dalam
susunan pengurus yang tertera dalam akte pendirian maupun akte perubahan,
termasuk dalam pengertian pengurus. Ketentuan dalam ayat ini berlaku pula
bagi Komisaris dan pemegang saham mayoritas atau pengendali.
|
|
|
|
|
|
|
Angka 32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sesuai dengan prinsip beban pembayaran pajak untuk Pajak Pertambahan
Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah adalah pada
pembeli atau konsumen barang atau penerima jasa. Oleh karena itu sudah
seharusnya apabila pembeli atau konsumen barang dan penerima jasa bertanggung
jawab renteng atas pembayaran pajak yang terutang apabila ternyata bahwa
pajak yang terutang tersebut tidak dapat ditagih kepada penjual atau pemberi
jasa dan pembeli atau penerima jasa tidak dapat menunjukkan bukti telah
melakukan pembayaran pajak kepada penjual atau pemberi jasa.
|
|
|
|
|
|
|
|
Angka 33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (1)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Setiap pejabat baik petugas pajak maupun mereka yang melakukan tugas
di bidang perpajakan, dilarang mengungkapkan kerahasiaan Wajib Pajak yang
menyangkut masalah perpajakan, antara lain:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
Surat Pemberitahuan, laporan keuangan, dan lain-lain yang dilaporkan
oleh Wajib Pajak;
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
|
data yang diperoleh dalam rangka pelaksanaan pemeriksaan;
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
|
dokumen dan atau data yang diperoleh dari pihak ketiga yang bersifat
rahasia;
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
|
dokumen dan atau rahasia Wajib Pajak sesuai dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan yang berkenaan.
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (2)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Para ahli, seperti ahli bahasa, akuntan, pengacara, dan sebagainya
yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak untuk membantu pelaksanaan undang-undang
perpajakan, adalah sama dengan petugas pajak yang dilarang pula untuk mengungkapkan
kerahasiaan Wajib Pajak sebagaimana dimaksud dalam ayat (1).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (2a)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan pihak lain antara lain lembaga negara atau instansi
pemerintah yang berwenang melakukan pemeriksaan di bidang keuangan negara.
Dalam pengertian keterangan yang dapat diberitahukan, antara lain identitas
Wajib Pajak dan informasi yang bersifat umum tentang perpajakan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (3)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Untuk kepentingan negara, misalnya dalam rangka penyidikan,
penuntutan atau dalam rangka mengadakan kerja sama dengan instansi pemerintah
lainnya, keterangan atau bukti tertulis dari atau tentang Wajib Pajak dapat
diberikan atau diperlihatkan kepada pihak tertentu yang ditunjuk oleh Menteri
Keuangan.
Dalam surat izin yang diterbitkan oleh Menteri Keuangan harus dicantumkan
nama Wajib Pajak, nama pihak yang ditunjuk dan nama pejabat atau ahli atau
tenaga ahli yang diizinkan untuk memberikan keterangan atau memperlihatkan
bukti tertulis dari atau tentang Wajib Pajak. Pemberian izin tersebut dilakukan
secara terbatas dalam hal-hal yang dipandang perlu oleh Menteri Keuangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (4)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Untuk melaksanakan pemeriksaan di sidang pengadilan dalam perkara pidana
atau perdata yang berhubungan dengan masalah perpajakan, demi kepentingan
peradilan Menteri Keuangan memberikan izin pembebasan atas kewajiban kerahasiaan
kepada pejabat pajak dan para ahli sebagaimana dimaksud dalam ayat (1)
dan ayat (2), atas permintaan tertulis Hakim ketua sidang.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (5)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Maksud dari ayat ini adalah merupakan pembatasan dan penegasan, bahwa
keterangan perpajakan yang diminta tersebut adalah hanya mengenai perkara
pidana atau perdata tentang perbuatan atau peristiwa yang menyangkut bidang
perpajakan dan hanya terbatas pada tersangka yang bersangkutan.
|
|
|
|
|
|
|
Angka 34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (1)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dapat saja terjadi dalam praktek, bahwa sanksi administrasi
yang dikenakan kepada Wajib Pajak, karena ketidaktelitian petugas pajak
dapat membebani Wajib Pajak yang tidak bersalah atau tidak memahami peraturan
perpajakan. Dalam hal yang demikian, sanksi administrasi berupa bunga,
denda, dan kenaikan yang telah ditetapkan dapat dihapuskan atau dikurangkan
oleh Direktur Jenderal Pajak.
Demikian juga Direktur Jenderal Pajak karena jabatannya, dan berlandaskan
unsur keadilan dapat mengurangkan atau membatalkan Ketetapan Pajak yang
tidak benar, misalnya Wajib Pajak yang ditolak pengajuan keberatannya karena
tidak memenuhi persyaratan formal (memasukkan Surat Keberatan tidak pada
waktunya) meskipun persyaratan material terpenuhi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (2)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas
|
|
|
|
|
|
|
Angka 35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 36A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak dan meningkatkan
kemampuan petugas pajak maka terhadap petugas pajak yang menghitung atau
menetapkan pajak yang tidak sesuai dengan Undang-undang perpajakan yang
berlaku sehingga menimbulkan kerugian negara, dikenakan sanksi sesuai dengan
ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Angka 36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sesuai dengan keadaan ekonomi keuangan, nilai uang akan dapat berubah-ubah.
Karena itu undang-undang memberikan wewenang kepada Pemerintah apabila
diperlukan dapat mengeluarkan Peraturan Pemerintah untuk mengubah dan menyesuaikan
besarnya imbalan bunga dan sanksi administrasi berupa bunga, denda, dan
kenaikan, sesuai dengan keadaan ekonomi keuangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
Angka 37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pelanggaran terhadap kewajiban perpajakan yang dilakukan
oleh Wajib Pajak, sepanjang menyangkut tindakan administrasi perpajakan
dikenakan sanksi administrasi, sedangkan yang menyangkut tindak pidana
di bidang perpajakan, dikenakan sanksi pidana. Perbuatan atau tindakan
sebagaimana dimaksud dalam pasal ini bukan merupakan pelanggaran administrasi
tetapi merupakan tindak pidana.
Dengan adanya sanksi pidana tersebut, diharapkan tumbuhnya kesadaran
Wajib Pajak untuk mematuhi kewajiban perpajakan seperti yang ditentukan
dalam peraturan perundang-undangan perpajakan.
Kealpaan yang dimaksud dalam Pasal ini berarti tidak sengaja, lalai,
tidak hati-hati, atau kurang mengindahkan kewajibannya, sehingga perbuatan
tersebut menimbulkan kerugian pada pendapatan negara.
|
|
|
|
|
|
|
|
Angka 38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (1)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perbuatan atau tindakan sebagaimana dimaksud dalam ayat ini yang dilakukan
dengan sengaja dikenakan sanksi yang berat mengingat pentingnya peranan
penerimaan pajak dalam penerimaan negara.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (2)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Untuk mencegah terjadinya pengulangan tindak pidana di bidang perpajakan,
maka bagi mereka yang melakukan lagi tindak pidana di bidang perpajakan
sebelum lewat 1 (satu) tahun sejak selesainya menjalani sebagian atau seluruh
pidana penjara yang dijatuhkan, dikenakan pidana lebih berat, ialah dilipatkan
2 (dua) dari ancaman pidana yang diatur dalam ayat (1).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (3)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penyalahgunaan atau penggunaan tanpa hak Nomor Pokok Wajib Pajak atau
Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, atau penyampaian Surat Pemberitahuan yang
isinya tidak benar atau tidak lengkap dalam rangka mengajukan permohonan
restitusi pajak dan atau kompensasi pajak yang tidak benar, sangat merugikan
negara. Oleh karena itu percobaan melakukan tindak pidana tersebut merupakan
delik tersendiri.
|
|
|
|
|
|
|
Angka 39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 41
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (1)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Untuk menjamin bahwa kerahasiaan mengenai perpajakan tidak
akan diberitahukan kepada pihak lain dan supaya Wajib Pajak dalam memberikan
data dan keterangan tidak ragu-ragu, dalam rangka pelaksanaan undang-undang
perpajakan, maka perlu adanya sanksi pidana bagi pejabat yang bersangkutan
yang menyebabkan terjadinya pengungkapan kerahasiaan tersebut.
Pengungkapan kerahasiaan menurut ayat ini adalah dilakukan karena kealpaan
dalam arti lalai, tidak hati-hati, atau kurang mengindahkan, sehingga kewajiban
untuk merahasiakan, keterangan atau bukti-bukti yang ada pada Wajib Pajak
yang dilindungi oleh undang-undang perpajakan dilanggar. Atas kealpaan
tersebut dihukum dengan hukuman yang setimpal.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (2)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perbuatan atau tindakan sebagaimana dimaksud dalam ayat ini yang dilakukan
dengan sengaja dikenakan sanksi yang lebih berat dibanding dengan perbuatan
atau tindakan yang dilakukan karena kealpaan, agar pejabat yang bersangkutan
lebih berhati-hati untuk tidak melakukan perbuatan membocorkan rahasia
Wajib Pajak.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (3)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tuntutan pidana terhadap pelanggaran kerahasiaan sebagaimana dimaksud
dalam ayat (1) dan ayat (2) sesuai dengan sifatnya adalah menyangkut kepentingan
pribadi seseorang atau badan selaku Wajib Pajak, karena itu dijadikan tindak
pidana pengaduan.
|
|
|
|
|
|
|
Angka 40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 41A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Agar pihak ketiga memenuhi permintaan Direktur Jenderal Pajak sebagaimana
diatur dalam Pasal 35 maka perlu adanya sanksi bagi pihak ketiga yang melakukan
perbuatan atau tindakan sebagaimana dimaksud dalam pasal ini.
|
|
|
|
|
|
|
|
Angka 41
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 41B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Seseorang yang melakukan perbuatan menghalangi atau mempersulit penyidikan
tindak pidana di bidang perpajakan misalnya menghalangi Penyidik melakukan
penggeledahan, menyembunyikan bahan bukti dan sebagainya sebagaimana dimaksud
dalam Pasal ini, dikenakan sanksi pidana.
|
|
|
|
|
|
|
|
Angka 42
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 44
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (1)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penyidik di bidang perpajakan adalah pejabat pegawai negeri tertentu
di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak yang diangkat oleh pejabat yang
berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Penyidikan tindak pidana di bidang perpajakan dilaksanakan menurut ketentuan
yang diatur dalam Undang-undang Hukum Acara Pidana yang berlaku.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (2)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayat (3)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas
|
|
|
|
|
|
|
Angka 43
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal 47A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dalam rangka memberikan kepastian kepada Wajib Pajak maka mengenai
hak dan kewajiban perpajakan yang belum diselesaikan untuk tahun pajak
2000 dan sebelumnya tetap diberlakukan Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983
tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah diubah
dengan Undang-undang Nomor 9 Tahun 1994.
|
|
|
|
|
|
|
Pasal II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasal III
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|