PENJELASAN
ATAS
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 65 TAHUN 2001
TENTANG
PAJAK DAERAH
UMUM |
||||
Dengan ditetapkannya Undang-undang Nomor 34 Tahun 2000 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 18 Tahun 1997 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan otonomi daerah yang luas, nyata, dan bertanggung jawab, pembiayaan pemerintahan dan pembangunan daerah yang berasal dari pendapatan asli daerah, khususnya yang bersumber dari Pajak Daerah perlu ditingkatkan sehingga kemandirian Daerah dalam hal pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan di Daerah dapat terwujud. |
||||
Untuk meningkatkan pelaksanaan pembangunan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan petumbuhan perekonomian di Daerah, diperlukan penyediaan sumber-sumber pendapatan asli daerah yang hasilnya memadai. Upaya peningkatan penyediaan pembiayaan dari sumber tersebut, antara lain, dilakukan dengan peningkatan kinerja pemungutan, penyempurnaan dan penambahan jenis pajak, serta pemberian keleluasaan bagi Daerah untuk menggali sumber-sumber penerimaan khususnya dari sektor Pajak Daerah melalui Undang-undang Nomor 18 Tahun 1997 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2000. |
||||
Dengan berlakunya Undang-undang Nomor 34 Tahun 2000, maka Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1997 tentang Pajak Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 1998 sudah tidak sesuai lagi dan perlu ditetapkan Peraturan Pemerintah pengganti, sebagai peraturan pelaksanaan dari Undang-undang tersebut. Oleh karena itu, Peraturan Pemerintah ini mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1997 tentang Pajak Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 1998 dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1997 tentang Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor. |
||||
PASAL DEMI PASAL |
||||
Pasal 1 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 2 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Termasuk dalam objek Pajak Kendaraan Bermotor yaitu kendaraan bermotor yang digunakan di semua jenis jalan darat, antara lain, di kawasan Bandara, Pelabuhan laut, Perkebunan, Kehutanan, Pertanitan, Pertambangan, Industri, Perdagangan, dan sarana olah raga dan rekreasi. |
||
|
|
Alat-alat berat dan alat-alat besar yang bergerak adalah alat yang dapat bergerak/ berpindah tempat dan tidak melekat secara permanen. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Kendaraan bermotor milik Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah tidak dikecualikan sebagai objek Pajak Kendaraan Bermotor. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Ketentuan tentang pengecualian pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor bagi perwakilan lembaga-lembaga internasional berpedoman kepada Keputusan Menteri Keuangan. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Subjek pajak yang dimaksud dalam ayat ini, antara lain, orang pribadi atau yang memiliki atau menguasai kendaraan bermotor yang digunakan untuk keperluan pengolahan lahan pertanian rakyat, dan Badan Usaha Milik Negara yang memiliki atau menguasai kendaraan bermotor yang digunakan untuk keperluan keselamatan. |
|
Pasal 3 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Dalam hal Wajib Pajak badan, kewajiban perpajakannya diwakili oleh pengurus atau kuasa badan tersebut. |
||
Pasal 4 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Bobot dinyatakan sebagai koefisien tertentu. Koefisien sama dengan 1, berarti kerusakan jalan dan pencemaran lingkungan oleh kendaraan bermotor tersebut dianggap masih dalam batas toleransi. Koefisien lebih besar dari 1, berarti kendaraan bermotor tersebut membawa pengaruh buruk terhadap kerusakan jalan dan pencemaran lingkungan. |
|
|
|
|
Contoh : |
|
|
|
|
Nilai Jual Kendaraan Bermotor merek X tahun Y adalah sebesar Rp 100.000.000,00. Koefisien bobot ditentukan sama dengan 1,2 maka dasar pengenaan pajak dari kendaraan bermotor tersebut adalah : Rp 100.000.000,00 x 1,2 = Rp 120.000.000,00 |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Harga pasaran umum adalah harga rata-rata yang diperoleh dari sumber data, antara lain, Agen Tunggal Pemegang Merek, asosiasi penjual kendaraan bermotor. |
||
|
|
Nilai Jual Kendaraan Bermotor ditetapkan berdasarkan harga pasaran umum minggu pertama bulan Desember tahun pajak sebelumnya. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Faktor-faktor tersebut dalam ayat ini tidak harus semuanya dipergunakan dalam menghitung Nilai Jual Kendaraan Bermotor. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Tekanan gandar dibedakan atas jumlah sumbu/as, roda, dan berat kendaraan bermotor. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Jenis bahan bakar kendaraan bermotor dibedakan, antara lain, solar, bensin, gas listrik atau tenaga surya. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Jenis, tahun pembuatan, dan ciri-ciri dari kendaraan bermotor dibedakan, antara lain, jenis mesin yang 2 tak atau 4 tak, dan ciri-ciri mesin yang 1000 cc atau 2000 cc. |
|
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (6) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 5 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 6 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 7 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor merupakan satu kesatuan dengan pengurusan administrasi kendaraan bermotor lainnya. |
||
|
|
Khusus pemungutan pajak kendaraan bermotor untuk alat-alat berat dan alat-alat besar yang bergerak dilakukan hanya oleh Pemerintah Daerah. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan suatu dan lain hal dalam ayat ini, antara lain, kendaraan bermotor didaftar di daerah lain, kendaraan bermotor yang rusak dan tidak dapat digunakan lagi karena force majeure. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 8 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Kendaraan di Atas Air milik Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah tidak dikecualikan sebagai objek Pajak Kendaraan di Atas Air. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Ketentuan tentang pengecualian pengenaan Pajak Kendaraan di Atas Air bagi perwakilan lembaga-lembaga internasionai berpedoman kepada Keputusan Menteri Keuangan. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Yang dimaksud dengan kendaraan di atas air perintis adalah kapal yang digunakan untuk pelayanan angkutan perintis. |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Subjek pajak yang dimaksud dalam ayat ini; antara lain, Badan Usaha Milik Negara yang memiliki atau menguasai kendaraan di atas air yang digunakan untuk keperluan keselamatan, seperti kapal pandu dan kapal tunda. |
|
Pasal 9 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Dalam hai Wajib Pajak badan, kewajiban perpajakannya diwakili oleh pengurus atau kuasa badan tersebut. |
||
Pasal 10 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Harga pasaran umum adalah harga rata-rata yang diperoleh dari sumber data, antara lain, dari tempat penjualan kendaraan di atas air. |
||
|
|
Nilai jual kendaraan di Atas Air ditetapkan berdasarkan harga pasaran umum minggu pertama bulan Desember tahun pajak sebelumnya. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Faktor-faktor tersebut dalam ayat ini tidak harus semuanya dipergunakan dalam menghitung Nilai Jual Kendaraan di Atas Air. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Dasar pengenaan Pajak Kendaraan di Atas Air dapat ditetapkan lebih rendah dari Nilai Jual Kendaraan di Atas Air. |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 11 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 12 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 13 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Pemungutan Pajak Kendaraan di Atas Air merupakan satu kesatuan dengan pengurusan administrasi di Atas Air lainnya. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan suatu dan lain hal, antara lain, kendaraan bermotor yang rusak dan tidak dapat digunakan lagi karena force majeure. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 14 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Penguasaan kendaraan bermotor yang melebihi 12 (dua belas) bulan dianggap sebagai penyerahan, kecuali penguasaan kendaraan bermotor karena perjanjian sewa beli. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Penyerahan kendaraan bermotor kepada Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah tidak dikecualikan sebagai objek Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Ketentuan tentang pengecualian pengenaan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor bagi perwakilan lembaga-lembaga internasional berpedoman kepada Keputusan Menteri Keuangan. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
Pasal 15 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 16 |
||||
|
Nilai Jual Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini adaiah Nilai Jual Kendaraan Bermotor yang tercantum dalam Ketetapan Menteri Dalam Negeri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (5). |
|||
Pasal 17 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 18 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 19 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 20 |
||||
|
Laporan tertulis tersebut, antara lain, berisi : |
|||
|
- |
nama dan alamat orang pribadi atau badan yang menerima penyerahan; |
||
|
- |
tanggal, bulan dan tahun penyerahan; |
||
|
- |
nomor polisi kendaraan bermotor; |
||
|
- |
lampiran foto kopi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). |
||
Pasal 21 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Penguasaan kendaraan di atas air yang melebihi 12 (dua belas) bulan dianggap sebagai penyerahan, kecuali penguasaan kendaraan di atas air karena perjanjian sewa beli. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (5) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Penyerahan kendaraan di atas air kepada Kepala Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah tidak dikecualikan sebagai objek Pajak Bea Balik Nama Kendaraan di Atas Air. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Ketentuan tentang pengecualian pengenaan Bea Balik Nama Kendaraan di Atas Air bagi perwakilan lembaga-lembaga internasional berpedoman kepada Keputusan Menteri Keuangan. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Yang dimaksud dengan kendaraan di atas air perintis adalah kapal yang digunakan untuk pelayanan angkutan perintis. |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
Pasal 22 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 23 |
||||
|
Nilai jual kendaraan di atas air sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini adalah nilai jual kendaraan di atas air yang tercantum dalam ketetapan Gubernur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 ayat (4). |
|||
Pasal 24 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 25 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 26 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 27 |
||||
|
Laporan tertulis tersebut, antara lain, berisi : |
|||
|
- |
nama dan alamat orang pribadi atau badan yang menerima penyerahan; |
||
|
- |
tanggal, bulan dan tahun penyerahan; |
||
|
- |
Pas Kapal; |
||
|
- |
Nomor Pas Kapal. |
||
Pasal 28 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan dianggap digunakan untuk kendaraan bermotor adalah bahan bakar yang diperoleh melalui, antara lain Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum untuk Kendaraan di Atas Air. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Termasuk dalam pengertian bensin adalah, antara lain, premium, premix, bensin biru, super TT. |
||
Pasal 29 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan penyedia bahan bakar kendaraan bermotor, antara lain, Pertamina dan produsen lainnya. |
||
Pasal 30 |
||||
|
Yang dimaksud dengan nilai jual adalah harga jual sebelum dikenakan Pajak Pertambahan Nilai. |
|||
Pasal 31 |
||||
|
Tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor dikenakan atas nilai jual bahan bakar kendaraan bermotor. Dengan demikian, harga eceran bahan bakar kendaraan bermotor sudah termasuk pajak ini. |
|||
Pasal 32 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 33 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Yang dimaksud dengan pengambilan air bawah tanah dan/atau air permukaan dalam ketentuan ini, antara lain, pengambilan air dalam sektor pertambangan migas. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Yang dimaksud dengan pemanfaatan air bawah tanah dan/atau air permukaan dalam ketentuan ini, antara lain, pemanfaatan air dalam bidang ketenagalistrikan. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Tidak termasuk yang dikecualikan sebagai objek Pajak Pengambilan dan Pemanfaatan Air Bawah Tanah dan Air Permukaan adalah pengambilan, atau pemanfaatan, atau pengambilan dan pemanfaatan air bawah tanah dan/atau air permukaan yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Contoh, Perusahaan Umum (PERUM) Jasa Tirta. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Pengecualian objek pajak atas pengambilan, atau pemanfaatan, atau pengambilan dan pemanfaatan air bawah tanah dan/atau air permukaan untuk kepentingan pengairan pertanian rakyat tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Pengecualian objek pajak atas pengambilan, atau pemanfaatan, atau pengambilan dan pemanfaatan air bawah tanah dan/atau air permukaan untuk keperluan dasar rumah tangga ditetapkan dengan Peraturan Daerah dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. |
|
|
|
Huruf e |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
Pasal 34 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 35 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Penggunaan faktor-faktor tersebut disesuaikan dengan kondisi masing-masing Daerah. |
||
|
|
Yang dimaksud dengan musim pengambilan, atau pemanfaatan, atau pengambilan dan pemanfaatan air sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) huruf g adalah musim kemarau atau musim hujan. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah adalah badan usaha yang menyediakan layanan publik dan tarif layanannya ditetapkan Pemerintah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. |
||
|
|
Ketentuan ini dimaksudkan untuk menghindari pembebanan yang memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara karena pembayaran atas jenis pajak ini dilakukan dari bagi hasil penerimaan negara dari sektor pertambangan minyak bumi dan gas alam. |
||
Pasal 36 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 37 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 38 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Dalam pengertian rumah penginapan termasuk rumah kos dengan jumlah kamar 10 (sepuluh) atau lebih yang menyediakan fasilitas seperti rumah penginapan. |
|
|
|
|
Fasilitas penginapan/fasilitas tinggal jangka pendek, antara lain, gubuk pariwisata (cottage), motel, wisma pariwisata, pesanggrahan (hostel), losmen, dan rumah penginapan. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Pelayanan penunjang, antara lain, telepon, faksimil, teleks, fotokopi, pelayanan cuci, seterika, taksi dan pengangkutan lainnya, yang disediakan atau dikelola hotel. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Fasilitas olahraga dan hiburan, antara lain, pusat kebugaran (fitness center), kolam renang, tenis, golf, karaoke, pub, diskotik, yang disediakan atau dikelola hotel. |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 39 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 40 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 41 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 42 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 43 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Termasuk dalam objek Pajak Restoran adalah rumah makan, cafe, bar, dan sejenisnya. |
||
|
|
Pelayanan di restoran/rumah makan meliputi penjualan makanan dan/ atau minuman di restoran/rumah makan, termasuk penyediaan penjualan makanan/minuman yang diantar/dibawa pulang. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 44 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 45 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 46 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 47 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 48 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Hiburan, antara lain, berupa tontonan film, kesenian, pagelaran musik dan tari, diskotik, karaoke, klab malam, permainan bilyar, permainan ketangkasan, panti pijat, mandi uap, dan pertandingan olah raga. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 49 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 50 |
||||
|
Yang dimaksud dengan yang seharusnya dibayar adalah termasuk pemberian potongan harga dan tiket cuma-cuma. |
|||
Pasal 51 |
||||
|
Hiburan berupa kesenian tradisional dikenakan tarif yang lebih rendah dari hiburan lainnya. |
|||
Pasal 52 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 53 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Penyelenggaraan reklame, antara lain : |
||
|
|
- |
reklame papan/billboard/videotron/megatron; |
|
|
|
- |
reklame kain; |
|
|
|
- |
reklame melekat (stiker); |
|
|
|
- |
reklame selebaran; |
|
|
|
- |
reklame berjalan, termasuk pada kendaraan; |
|
|
|
- |
reklame udara; |
|
|
|
- |
reklame suara; |
|
|
|
- |
reklame film/slide; |
|
|
|
- |
reklame peragaan. |
|
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 54 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Dalam hal reklame diselenggarakan langsung oleh orang pribadi atau badan yang memanfaatkan reklame untuk kepentingan sendiri, maka Wajib Pajak Reklame adalah orang pribadi atau badan tersebut. Apabila penyelenggaraan reklame dilaksanakan melalui pihak ketiga, misalnya Perusahaan Jasa Periklanan, maka pihak ketiga tersebut menjadi Wajib Pajak Reklame. |
||
Pasal 55 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 56 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 57 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 58 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan penggunaan tenaga listrik adalah penggunaan tenaga listrik baik yang disalurkan dari PLN maupun bukan PLN. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Ketentuan tentang pengecualian pengenaan Pajak Penerangan Jalan bagi perwakilan lembaga-lembaga internasional berpedoman kepada Keputusan Menteri Keuangan. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
|
|
Huruf d |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
Pasal 59 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 60 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Ketentuan ini dimaksudkan untuk menghindari pembebanan yang pada akhirnya akan memberatkan masyarakat dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara karena pembayaran atas jenis pajak ini dilakukan dari bagi hasil penerimaan negara dari sektor pertambangan minyak bumi dan gas alam. |
||
Pasal 61 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 62 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 63 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan kegiatan pengambilan bahan galian golongan C adalah pengambilan bahan galian golongan C dari sumber alam di dalam dan/atau permukaan bumi untuk dimanfaatkan. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Contoh, kegiatan pengambilan tanah untuk keperluan rumah tangga, kegiatan pertambangan golongan a dan golongan b, pemancangan tiang listrik/telepon, penanaman kabel listrik/ telepon, penanam pipa air/gas. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
Pasal 64 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 65 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Yang dimaksud dengan nilai pasar adalah harga rata-rata yang berlaku di lokasi setempat di wilayah daerah yang bersangkutan. Apabila nilai pasar dari hasil produksi bahan galian golongan C sulit diperoleh, maka digunakan harga standar yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang dalam bidang penambangan bahan galian golongan C. |
||
Pasal 66 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 67 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 68 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Huruf a |
||
|
|
|
Penyelenggaraan tempat parkir oleh Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah tidak dikecualikan sebagai objek Pajak Parkir. |
|
|
|
Huruf b |
||
|
|
|
Ketentuan tentang pengecualian pengenaan Pajak Parkir bagi perwakilan lembaga-lembaga internasional berpedoman kepada Keputusan Menteri Keuangan. |
|
|
|
Huruf c |
||
|
|
|
Cukup jelas |
|
Pasal 69 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 70 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 71 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 72 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 73 |
||||
|
Penetapan jenis pajak lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini harus benar-benar bersifat spesifik dan potensial di Daerah. |
|||
Pasal 74 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 75 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 76 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 77 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 78 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 79 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 80 |
||||
|
Ayat (1) |
|||
|
|
Penetapan jangka waktu 15 (lima belas) hari dalam ayat ini telah mempertimbangkan administrasi pengiriman Peraturan Daerah dari daerah yang tergolong jauh. |
||
|
Ayat (2) |
|||
|
|
Pembatalan Peraturan Daerah berlaku sejak tanggal ditetapkan. Dalam hal ini Wajib Pajak tidak dapat mengajukan restitusi kepada Pemerintah Daerah yang bersangkutan. |
||
|
Ayat (3) |
|||
|
|
Penetapan jangka waktu 1 (satu) bulan dalam ayat ini dilakukan dengan pertimbangan untuk mengurangi dampak negatif dari pembatalan Peraturan Daerah tersebut. |
||
|
Ayat (4) |
|||
|
|
Cukup jelas |
||
Pasal 81 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 82 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
Pasal 83 |
||||
|
Cukup jelas |
|||
TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 4138 |