PENJELASAN
ATAS
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 3 TAHUN 2006
TENTANG
PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1989
TENTANG PERADILAN AGAMA
I. |
UMUM |
|||||
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menentukan dalam Pasal 24 ayat (2) bahwa Peradilan Agama merupakan salah satu lingkungan peradilan yang berada di bawah Mahkamah Agung bersama badan peradilan lainnya di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Tata Usaha Negara, dan Peradilan Militer, Peradilan Agama merupakan salah satu badan peradilan pelaku kekuasaan kehakiman untuk menyelenggarakan penegakan hukum dan keadilan bagi rakyat pencari keadilan perkara tertentu antara orang-orang yang beragama Islam di bidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah, dan ekonomi syari'ah. Dengan penegasan kewenangan Peradilan Agama tersebut dimaksudkan untuk memberikan dasar hukum kepada pengadilan agama dalam menyelesaikan perkara tertentu tersebut, termasuk pelanggaran atas Undang-Undang tentang Perkawinan dan peraturan pelaksanaannya serta memperkuat landasan hukum Mahkamah Syar'iyah dalam melaksanakan kewenangannya di bidang jinayah berdasarkan qanun. |
||||||
Dalam Undang-Undang ini kewenangan pengadilan di lingkungan Peradilan Agama diperluas, hal ini sesuai dengan perkembangan hukum dan kebutuhan hukum masyarakat, khususnya masyarakat muslim. Perluasan tersebut antara lain meliputi ekonomi syari'ah. Dalam kaitannya dengan perubahan Undang-Undang ini pula, kalimat yang terdapat dalam penjelasan umum Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama yang menyatakan : "Para Pihak sebelum berperkara dapat mempertimbangkan untuk memilih hukum apa yang dipergunakan dalam pembagian warisan", dinyatakan dihapus. |
||||||
Dalam usaha memperkuat prinsip kekuasaan kehakiman yang merdeka, sesuai dengan tuntutan reformasi di bidang hukum, telah dilakukan perubahan terhadap Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1970 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1970 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman, sebagaimana terakhir telah diganti menjadi Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman, Demikian pula halnya telah dilakukan perubahan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung. |
||||||
Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman menegaskan adanya khusus yang dibentuk dalam salah satu lingkungan peradilan dengan undang-undang. Oleh karena itu, keberadaan pengadilan khusus dalam lingkungan Peradilan Agama perlu diatur pula dalam Undang-Undang ini. |
||||||
Penggantian dan perubahan kedua Undang-Undang tersebut secara tegas telah mengatur pengalihan organisasi, administrasi, dan finansial dari semua lingkungan peradilan ke Mahkamah Agung. Dengan demikian, organisasi, administrasi, dan finansial badan peradilan di lingkungan Peradilan Agama yang sebelumnya masih berada di bawah Departemen Agama berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama perlu disesuaikan. Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman, Pengalihan ke Mahkamah Agung telah dilakukan. Untuk memenuhi ketentuan dimaksud perlu pula diadakan perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama. |
||||||
II. |
PASAL DEMI PASAL |
|||||
|
Pasal I |
|||||
|
|
Angka 1 |
||||
|
|
|
Pasal 2 |
|||
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "rakyat pencari keadilan" adalah setiap orang baik warga negara Indonesia maupun orang asing yang mencari keadilan pada pengadilan di Indonesia. |
||
|
|
Angka 2 |
||||
|
|
|
Pasal 3 A |
|||
|
|
|
|
Pengadilan khusus dalam lingkungan Peradilan Agama adalah pengadilan syari'ah Islam yang diatur dengan Undang-Undang. Mahkamah Syar'iyah di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Daerah Istimewa Aceh sebagai Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang oleh Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman Pasal 15 ayat (2) disebutkan bahwa : "Peradilan Syari'ah Islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam merupakan pengadilan khusus dalam lingkungan peradilan agama sepanjang kewenangan-nya menyangkut kewenangan peradilan agama, dan merupakan pengadilan khusus dalam lingkungan peradilan umum sepanjang kewenangannya menyangkut kewenangan Peradilan Umum". |
||
|
|
Angka 3 |
||||
|
|
|
Pasal 4 |
|||
|
|
|
|
Ayat (1) |
||
|
|
|
|
|
Pada dasarnya tempat kedudukan pengadilan agama berada di ibukota kabupaten dan kota, yang daerah hukumnya meliputi wilayah kabupaten atau kota, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya pengecualian. |
|
|
|
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Angka 4 |
||||
|
|
|
Pasal 5 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 5 |
||||
|
|
|
Pasal 11 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 6 |
||||
|
|
|
Pasal 12 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 7 |
||||
|
|
|
Pasal 13 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 8 |
||||
|
|
|
Pasal 14 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 9 |
||||
|
|
|
Pasal 15 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 10 |
||||
|
|
|
Pasal 16 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 11 |
||||
|
|
|
Pasal 17 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 12 |
||||
|
|
|
Pasal 18 |
|||
|
|
|
|
Ayat (1) |
||
|
|
|
|
|
Huruf a |
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
|
Huruf b |
|
|
|
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "sakit jasmani atau rohani terus-menerus" adalah sakit yang menyebabkan yang bersangkutan ternyata tidak mampu lagi melakukan tugas kewajibannya dengan baik. |
|
|
|
|
|
Huruf c |
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
|
Huruf d |
|
|
|
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "tidak cakap" adalah misalnya yang bersangkutan banyak melakukan kesalahan besar dalam menjalankan tugasnya. |
|
|
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Angka 13 |
||||
|
|
|
Pasal 19 |
|||
|
|
|
|
Ayat (1) |
||
|
|
|
|
|
Huruf a |
|
|
|
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "tindak pidana kejahatan" adalah tindak pidana yang ancaman pidananya paling singkat 1 (satu) tahun. |
|
|
|
|
|
Huruf b |
|
|
|
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "melakukan perbuatan tercela" adalah apabila hakim yang bersangkutan karena sikap, perbuatan, dan tindakannya baik di dalam maupun di luar pengadilan merendahkan martabat hakim. |
|
|
|
|
|
Huruf c |
|
|
|
|
|
|
|
Yang dimaksud dengan "tugas pekerjaannya" adalah semua tugas yang dibebankan kepada yang bersangkutan. |
|
|
|
|
|
Huruf d |
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
|
Huruf e |
|
|
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
|
Ayat (2) |
||
|
|
|
|
|
Dalam hal pemberhentian tidak dengan hormat dengan alasan dipidana karena melakukan tindakan pidana kejahatan, yang bersangkutan tidak diberi kesempatan untuk membela diri. |
|
|
|
|
|
Ayat (3) |
||
|
|
|
|
|
Cukup jelas. |
|
|
|
Angka 14 |
||||
|
|
|
Pasal 20 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 15 |
||||
|
|
|
Pasal 21 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 16 |
||||
|
|
|
Pasal 25 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 17 |
||||
|
|
|
Pasal 27 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 18 |
||||
|
|
|
Pasal 28 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 19 |
||||
|
|
|
Pasal 29 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 20 |
||||
|
|
|
Pasal 30 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 21 |
||||
|
|
|
Pasal 31 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 22 |
||||
|
|
|
Pasal 32 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 23 |
||||
|
|
|
Pasal 33 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 24 |
||||
|
|
|
Pasal 34 |
|||
|
|
|
|
Cukup jelas. |
||
|
|
Angka 25 |
||||
|
|
|
Pasal 35 |
|||
|
|
|
|
Ketentuan ini berlaku juga bagi wakil panitera, panitera muda, dan panitera pengganti. |
||
Angka 26 | ||||||
Pasal 36 | ||||||
Cukup jelas. | ||||||
Angka 27 |
||||||
Pasal 37 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 28 |
||||||
Pasal 39 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 29 |
||||||
Pasal 40 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 30 |
||||||
Pasal 41 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 31 |
||||||
Pasal 42 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 32 |
||||||
Pasal 44 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 33 |
||||||
Pasal 45 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 34 |
||||||
Pasal 46 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 35 |
||||||
Pasal 47 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 36 |
||||||
Pasal 48 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 37 |
||||||
Pasal 49 |
||||||
Penyelesaian sengketa tidak hanya dibatasi di bidang perbankan syari'ah, melainkan juga di bidang ekonomi syari'ah lainnya. |
||||||
Yang dimaksud dengan "antara orang-orang yang beragama Islam" adalah termasuk orang atau badan hukum yang dengan sendirinya menundukkan diri dengan sukarela kepada hukum Islam mengenai halhal yang menjadi kewenangan Peradilan Agama sesuai dengan ketentuan Pasal ini. |
||||||
Huruf a |
||||||
Yang dimaksud dengan "perkawinan" adalah hal-hal yang diatur dalam atau berdasarkan undang-undang mengenai perkawinan yang berlaku yang dilakukan menurut syari'ah, antara lain : |
||||||
1. |
izin beristri lebih dari seorang; |
|||||
2. |
izin melangsungkan perkawinan bagi orang yang belum berusia 21 (dua puluh satu) tahun, dalam hal orang tua wali, atau keluarga dalam garis lurus ada perbedaan pendapat; |
|||||
3. |
dispensasi kawin; |
|||||
4. |
pencegahan perkawinan; |
|||||
5. |
penolakan perkawinan oleh Pegawai Pencatat Nikah; |
|||||
6. |
pembatalan perkawinan; |
|||||
7. |
gugatan kelalaian atas kewajiban suami dan istri; |
|||||
8. |
perceraian karena talak; |
|||||
9. |
gugatan perceraian; |
|||||
10. |
penyelesaian harta bersama; |
|||||
11. |
penguasaan anak-anak; |
|||||
12. |
ibu dapat memikul biaya pemeliharaan dan pendidikan anak bilamana bapak yang seharusnya bertanggung jawab tidak mematuhinya; |
|||||
13. |
penentuan kewajiban memberi biaya penghidupan oleh suami kepada bekas istri atau penentuan suatu kewajiban bagi bekas istri; |
|||||
14. |
putusan tentang sah tidaknya seorang anak; |
|||||
15. |
putusan tentang pencabutan kekuasaan orang tua; |
|||||
16. |
pencabutan kekuasaan wali; |
|||||
17. |
penunjukan orang lain sebagai wali oleh pengadilan dalam hal kekuasaan seorang wali dicabut; |
|||||
18. |
penunjukan seorang wali dalam hal seorang anak yang belum cukup umur 18 (delapan belas) tahun yang ditinggal kedua orang tuanya; |
|||||
19. |
pembebanan kewajiban ganti kerugian atas harta benda anak yang ada di bawah kekuasaannya; |
|||||
20. |
penetapan asal-usul seorang anak dan penetapan pengangkatan anak berdasarkan hukum Islam; |
|||||
21. |
putusan tentang hal penolakan pemberian keterangan untuk melakukan perkawinan campuran; |
|||||
22. |
pernyataan tentang sahnya perkawinan yang terjadi sebelum Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan dijalankan menurut peraturan yang lain. |
|||||
Huruf b |
||||||
Yang dimaksud dengan "waris" adalah penentuan siapa yang menjadi ahli waris, penentuan mengenai harta peninggalan, penentuan bagian masing-masing ahli waris, dan melaksanakan pembagian harta peninggalan tersebut, serta penetapan pengadilan atas permohonan seseorang tentang penentuan siapa yang menjadi ahli waris, penentuan bagian masing-masing ahli waris. |
||||||
Huruf c |
||||||
Yang dimaksud dengan "wasiat" adalah perbuatan seseorang memberikan suatu benda atau manfaat kepada orang lain atau lembaga/badan hukum, yang berlaku setelah yang memberi tersebut meninggal dunia. |
||||||
Huruf d |
||||||
Yang dimaksud dengan "hibah" adalah pemberian suatu benda secara sukarela dan tanpa imbalan dari seseorang atau badan hukum kepada orang lain atau badan hukum untuk dimiliki. |
||||||
Huruf e |
||||||
Yang dimaksud dengan "wakaf" adalah perbuatan seseorang atau sekelompok orang (wakif) untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syari'ah. |
||||||
Huruf f |
||||||
Yang dimaksud dengan "zakat" adalah harta yang wajib disisihkan oleh seorang muslim atau badan hukum yang dimiliki oleh orang muslim sesuai dengan ketentuan syari'ah untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya. |
||||||
Huruf g |
||||||
Yang dimaksud dengan "infaq" adalah perbuatan seseorang memberikan sesuatu kepada orang lain guna menutupi kebutuhan, baik berupa makanan, minuman, mendermakan, memberikan rezeki (karunia), atau menafkahkan sesuatu kepada orang lain berdasarkan rasa ikhlas, dan karena Allah Subhanahu Wata'ala. |
||||||
Huruf h |
||||||
Yang di maksud dengan "shadaqah" adalah perbuatan seseorang memberikan sesuatu kepada orang lain atau lembaga/badan hukum secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu dengan mengharap ridho Allah Subhanahu Wata'ala dan pahala semata. |
||||||
Huruf i |
||||||
Yang dimaksud dengan "ekonomi syari'ah" adalah perbuatan atau kegiatan usaha yang dilaksanakan menurut prinsip syari'ah, antara lain meliputi : |
||||||
a. |
bank syari'ah; |
|||||
b. |
lembaga keuangan mikro syari'ah. |
|||||
c. |
asuransi syari'ah; |
|||||
d. |
reasuransi syari'ah; |
|||||
e. |
reksa dana syari'ah; |
|||||
f. |
obligasi syari'ah dan surat berharga berjangka menengah syari'ah; |
|||||
g. |
sekuritas syari'ah; |
|||||
h. |
pembiayaan syari'ah; |
|||||
i. |
pegadaian syari'ah; |
|||||
j. |
dana pensiun lembaga keuangan syari'ah; dan |
|||||
k. |
bisnis syari'ah. |
|||||
Angka 38 |
||||||
Pasal 50 |
||||||
Ayat (1) |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Ayat (2) |
||||||
Ketentuan ini memberi wewenang kepada pengadilan agama untuk sekaligus memutuskan sengketa milik atau keperdataan lain yang terkait dengan objek sengketa yang diatur dalam Pasal 49 apabila subjek sengketa antara orangorang yang beragama Islam. |
||||||
Hal ini menghindari upaya memperlambat atau mengulur waktu penyelesaian sengketa karena alasan adanya sengketa milik atau keperdataan lainnya tersebut sering dibuat oleh pihak yang merasa dirugikan dengan adanya gugatan di pengadilan agama. |
||||||
Sebaliknya apabila subjek yang mengajukan sengketa hak milik atau keperdataan lain tersebut bukan yang menjadi subjek bersengketa di pengadilan agama, sengketa di pengadilan agama ditunda untuk menunggu putusan gugatan yang diajukan ke pengadilan di lingkungan Peradilan Umum. |
||||||
Penangguhan dimaksud hanya dilakukan jika pihak yang berkeberatan telah mengajukan bukti ke pengadilan agama bahwa telah didaftarkan gugatan di pengadilan negeri terhadap objek sengketa yang sama dengan sengketa di pengadilan agama. |
||||||
Dalam hal objek sengketa lebih dari satu objek dan yang tidak terkait dengan objek sengketa yang diajukan keberatannya, pengadilan agama tidak perlu menangguhkan putusannya, terhadap objek sengketa yang tidak terkait dimaksud. |
||||||
Angka 39 |
||||||
Pasal 52A |
||||||
Selama ini pengadilan agama diminta oleh Menteri Agama untuk memberikan penetapan (itsbat) terhadap kesaksian orang yang telah melihat atau menyaksikan hilal bulan pada setiap memasuki bulan Ramadhan dan awal bulan Syawal tahun Hijriyah dalam rangka Menteri Agama mengeluarkan penetapan secara nasional untuk penetapan 1 (satu) Ramadhan dan 1 (satu) Syawal. |
||||||
Pengadilan agama dapat memberikan keterangan atau nasihat mengenai perbedaan penentuan arah kiblat dan penentuan waktu shalat. |
||||||
Angka 40 |
||||||
Pasal 90 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 41 |
||||||
Pasal 105 |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Angka 42 |
||||||
Pasal 106A |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
Pasal II |
||||||
Cukup jelas. |
||||||
TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 4611 |