PRE S I DE N R EP UB LI K IN D ON E S IA PRE S I DE N R EP UB LI K IN D ON E S IA NOMOR 35 TAHUN 2018 TE NTANG PERCEPATAN PEMBAN GUNAN INSTALASI PENGOLAH SAMPAH MENJADI ENERGI LISTRIK BERBASIS TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNG AN Me nimb a n g Meng in gat DEN GAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA a . ba h wa untuk me nin gka t ka n ket an gg uh a n k ota dala m m e nj aga keseh ata n m asya ra ka t d a n kua lit a s lin g kun ga n, d an m e nj a dik a n sa mp ah s ebaga i s umb er daya se b aga im a n a di aman at ka n da la m P asa l 4 Undan g- Und an g No mor 18 Tah u n 2 00 8 ten ta n g Pen gelol aa n Sa mp ah , se rt a untu k meng ur an gi volu me sa mp ah seca ra signifik an de mi kebe rsih an d an ke ind a han kot a, dip a n da n g pe rlu m e mp erce p at p em ba n g un an in sta la si Pen go lah Sa mp ah me nj a di En ergi Lis trik Be rb as is Te kn ol og i Ra mah Lin g kun ga n p ada dae rah provi ns i da n d aera h k a bup a ten / kota te rt e ntu ;
bah wa be rd asa rk an pe rtim ba n ga n se baga im a na dim a ks ud dalam huruf a, pe rlu mene ta pk an Pera tu ra n Pr es id en te nt an g Per cepat an Pem ba n g un an In sta l as i P engo lah Samp a h me nj a di En ergi L istrik Ber bas is Te kn ol og i Ra mah Lin g kun g an ;
P asa l 4 aya t (1) U nd a n g-U nd a n g D as a r N egara Repu blik Ind ones ia Ta hun 19 4 5; PR ES I DEN REPU BL IK I ND O N E SIA 2. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 200 3 tentang Sadan Usaha Milik Negara (Lembaran Negara Re publik Indonesia Tahun 2003 Nomor 70 , Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4297);
Undang - Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 96, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4746);
Undang-Undang Nomor Pengelolaan Sampah 18 Tahun 2008 (Lembaran Negara tentang Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 69, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4851);
Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 133 , Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5052);
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244 , Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587) sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang- Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentan g Perubah a n Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Ta hun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Ne gara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Ta mbahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679) ;
Peraturan Pemerintah Nomor 14 Ta hun 2012 tentang Kegiatan Usaha Penyediaan Tenag a Listrik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 28 , Tambahan Lembar a n Ne gara Republik Indon e si a Nomor 5281) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2014 tentang Perub a han atas Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2012 tentang Kegiatan Usaha Penyedi a an Tenaga Listrik (Lembaran Negara Republik Indon e sia Tahun 2014 Nomor 75, Tambahan Lembaran Negara Re publik Indonesia Nomor 5530); Men eta pkan PRE S IDE N REPU BLI K INDONES IA 8. Peraturan Pemerintah Nomor 81 Ta hun 2012 te nt a ng Peng elol aa n Samp a h Rum a h Tangg a da n Sampah Sejenis Sampah Rum ah Tangga (Lemb ara n Negara R epub lik Indon e sia Tahun 2 012 Nomor 188, Ta mbahan Le mb ara n Negara Republik Indonesia Nomor 53 47) ;
Pe raturan Presiden Nomor 4 Ta hun 2016 te ntang Per cepa tan Pembangunan Infrastruk t ur Ketenagalistrikan (Lembaran Negara Re publik Indon esia Ta hun 2016 Nomor 8) sebagaimana telah diubah de ng a n P erat uran Pr esi den Nomor 14 Tahun 2017 ten tang Pe rub ahan atas P erat uran Presiden Nomor 4 Tahun 2016 te ntang Perc ep atan Pe mbangunan Infrastruktur Ketena galistr ikan (Lembaran Negar a R ep ublik Indonesi a Tahun 2017 Nomor 27);
Per at ur a n Presiden No mor 22 Tahun 2017 tentang Re ncana Umum Energi Nasional (L e mbaran N ega ra Re publik Indon es ia Ta hun 2017 Nom or 43);
Pe ratur a n Presid en Nomor 97 T ah un 2017 te nt a ng Kebijak an dan Strategi Nasional Pe ng e lol aa n Sampah Rum a h Ta ngga dan Sa mpah Sejenis Sampah Rum ah Tangga (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 No mor 223); MEMUTUSK.AN: PERATURAN PRESIDEN TENTANG PERCEPATAN PEMBANGUNAN INSTALASI PENGOLAH SAMPAH MENJADI ENERGI LISTRIK BERBASIS TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN.
BAB I
KETENTUAN UMUM P asa l 1 Dalam Pe ratur a n Pr esi den ini ya ng dim aksud dengan:
1. Samp a h a dalah sa mp ah rum a h tangga dan sampah sejenis sampah rum ah tangga.
2. Pengelolaan Sampah a dalah kegiatan y ang sist e matis, men y eluruh , dan berkesinambun gan ya ng meliputi pengurangan dan penan ga nan Sampah.
3. Pen ge lola Sa mp ah ada l ah b ada n usaha yang m e nandatangani kontrak ke rja sama de ngan Pem e rint a h Da era h untuk me ngelol a Sampah melalui penan ga na n Sampah.
4. Biaya Layanan Pengolahan Sa mpah a dalah be lanj a yang dikeluarkan dari anggaran be lanja d aera h kepada Pe ng elola Sampah, berd a sa r kan volume y an g dike lola per ton dan merupakan kompens asi atas jasa p engo lahan Sampah di lokasi te rt e ntu yang dit eta pkan , di lu ar bi aya pe ngumpul an, pengangkutan , dan pe mros es an akhir.
5. Pen go lah Samp ah menj ad i Energi Listrik B erbasis Teknologi Ram ah Lingkungan ada la h mesin / per ala ta n ya ng da pat mengolah Sa mp ah me nj ad i e nerg i listr ik, dan mengu ra n gi volume Sampah dan waktu pengol a han secara signifikan m ela lu i te knolo gi ya ng ramah lingkung an dan teruji.
6. Pemb an g kit Listrik Be rb as is Sa mp a h yang selanjutn ya dis e but PLTSa adalah Pengolah Sampah men jadi Energi Listrik Be rbasis T ekno l og i R amah Lingkungan yang m em en uhi ba ku mutu sesuai dengan ketentuan perundang - und a ngan dan d apat mengurangi vo l ume Sampah secara signifikan serta teru ji.
7. Pen ge mb ang PLT Sa ada lah Pengelola Sampah dan penyedi a tcnaga lis trik ya ng mena nd at angan i kontrak ke 1j a sam a me ng e nai pe masokan Sampah sebagai bahan baku konversi ke listrik d engan Peme rint ah D aerah dan k ontrak penjualan lis trikn ya den gan PT PLN (Persero) sebagai pembe li h asi l listrik d ari PL TS a.
8. Ba dan Us a ha adalah perus a h aan berbentuk badan hukum ya ng menjalankan jenis usah a bersifat tetap, terus-men e rus, dan didirikan sesuai dengan p erat uran perund a ng-undang a n, serta be kerj a dan b er kedudukan dalam wilayah Negara Ke satuan Republik Indonesia da pat berupa Bad an Us ah a Milik N ega ra , Badan Usaha Milik Daerah, dan badan us a h a swasta ya n g b er b adan hukum Indonesia.
BAB II
TUJUAN DAN RUANG LINGKUP P asa l 2 (1) Pe ngelolaan Sampah be rtujuan untuk me nin gkat kan k ese h ata n mas yara k at cl an kuali tas lingkun gan, dan untuk mengurangi vo lume Sampah secara signifikan demi kebe rsihan da n keindahan kota serta menjadikan Sampah sebagai sumber daya.
(2) Pengelolaan Sampah dilakukan secara ter inte gras i d ari hulu ke hilir me lalui pen gura n gan Sampah dan penanganan Sampah .
(3) Pen ge lolaan Sampah menjadi sumber d aya se b agai m ana dim a ksud pada ayat (1), dilaksanakan untuk mendapatkan nil ai tambah Sampah me nj ad i en ergi li strik. BAB III LOKASI DAN PELAKSANA PEMBANGU NA N P asa l 3 (1) Da l am Pen ge lol aa n S am pah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, pe rlu dilakukan perc epata n p embang un an instal as i Pe ngol ah Sa mp a h m enjadi Energi Listrik Berbasis Te knologi Ra mah Lingkungan, ya ng disebut dengan PLTSa , melalui Pen ge lol aa n Sampah ya ng m e njadi urusan pcmerint ah da era h: a . Provinsi DKI J ak arta;
b. C. d . e .
f.
g.
h.
i. j .
k.
1. PR ESI DE N REPUBLI K I ND ON E SIA - 6 - Kot a Tang e rang; Kot a Tangerang Selatan; Kota Bekasi; Kota Bandung; Kota Semarang; Kota Surakarta; Kota Surabaya; Kota Ma kass a r; Kota Denp a sa r; Kota Palembang; da n Kota Ma nado .
(2) Pem e rint a h d ae rah ko ta seba ga im an a dim a ksud pada ay at (1) huruf b samp ai dengan huruf I da p at bekerja sama dengan pemerintah daerah ka bupat en / kot a se kitarn ya dalam 1 (satu) daerah pro v insi .
(3) Kete ntu a n meng e nai pe doman ke rja sa ma antar daer ah se ba ga im a na dim a ksud pa da aya t (2) di a tur se su a i dengan kete ntuan peraturan perund a n g- undan ga n. Pa sal4 (1) Kerja sam a seb ag aiman a dimaksud d alam Pas al 3 aya t (2) dapat dilakukan deng an pem e rint ah d ae rah provin si se panjan g Pen ge lola an Sampah m en ggu n akan aset pro v insi.
(2) Kerj a sa ma seb aga im an a dim ak s ud pa da aya t (1) dil a kuk a n m ela lui perja nji an kerja sa m a. Pa sal 5 (1) Pem e rin ta h d ae ra h ka bupat en / kota seca ra se ndiri ata u b e rs a m a-sa m a da pat be rmitr a den ga n Pen ge lola Sa mp ah d alam peny el enggaraa n Pen gelol aa n Sa m pa h . PRE S IDE N (2) Kemitraan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dituangkan dalam bentuk perjanjian antara pemerintah daerah kabupaten/kota dan Badan Usaha yang bersangkutan.
(3) Tata cara pelaksanaan kemitraan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Pasal 6
Percepatan pembangunan PLTSa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat , gubernur atau wali kota dapat:
menugaskan Badan Usaha Milik Da e rah; atau
melakukan kompetisi Badan Usaha .
Ketentuan mengenai penugasan Badan Usaha Milik Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pengelolaan badan usaha milik daerah.
Ketentuan lebih lanjut mengenai kompetisi Badan Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b berpedoman pada k ete ntuan peraturan perundang-undangan di bidang pengadaan barang / jasa pemerintah atau ketentuan kerja sama pem e rintah dengan badan usaha dalam peny e diaan infrastruktur.
Dalam hal tidak ada Badan Usaha yang berminat atau tidak lulus seleksi dan tidak ada Badan Usaha Milik Daerah yang mampu untuk ditugaskan melaksanakan pembangunan dan pengelolaan PLTSa, percepatan pembangunan PLTSa dapat dilakukan melalui penugasan kepada Badan Usaha Milik Negara oleh Menteri Energi dan Sumber Da ya Mine ral atas usulan gubernur atau wali kota.
Penugasan kepada S a dan Usaha Milik Negara se bagaiman a dimaksud pada ayat (4), dilakukan oleh Men teri En ergi dan Sumber D aya Mine ral setelah dibah as dan diputuskan dalarn rapat Tim Koordin as i sebagaiman a dimaksud dalarn Peraturan Presiden ini.
Penu ga san kepada Sadan Usah a Milik Negara se b agai man a dimaksud pada ayat (4) , dapat dilakukan setelah gubernur atau wali kota :
m em pun ya i pr a studi k el aya ka n ;
men ya mp ai kan komitm en p enga l okas ia n anggaran untuk bi aya pen ga ngkut a n dan Bi aya L aya n an Pengol ah an Sampah di da l am An ggara n Pendapatan dan Be lanj a D aerah; dan
men ye di akan lah an . P asa l 7 (1) Sad a n U sa ha Milik Da era h ya n g ditu gaska n ata u Sa d an Usaha ya ng di te ta pk an dari h as il komp e tisi Sadan Usa ha se b aga im a na dim aks ud dal am P asa l 6, dapa t bekerja sa m a den ga n : a . Bad a n Usaha la inn ya; da n /a tau b. pem e rint a h da erah ka bup a ten / kot a di sek it ar lok as i pemb a ngunan PLTS a.
Gu bernur a tau wali kota menet a pk an S ada n Usa h a Milik D aera h yang ditugaskan ata u Sad an Usah a ya n g dit eta pk an dar i h as il komp etis i Sad a n Usaha sebaga im ana dimaksud d al am P asa l 6 ayat (1) sebaga i Pen ge lola Sa mp ah d an P enge mb an g PLT Sa. PRE S ID EN REPLIBLIK INDONES IA
BAB IV
PERIZINAN DAN NONPERIZINAN
Pasal 8
Dalam rangka penugasan atau komp e tisi sebagaimana dimaksud dal am Pasal 6 aya t , Pemerintah D aerah:
menyu s un pra studi kela yakan pembangunan PLTSa yang me liputi studi aspek hukum , kele mb agaan, pe ndan a an , sosi al buda ya , dan te kn ologi, paling sedikit memuat:
jumlah Sampah per hari;
komposisi Sampah: ultimat e, pro x imate , abu, da n loga m berat;
kondisi dan k ete rsedia a n la h an;
kondisi dan persyaratan khu sus yang dip er luk an;
k ete rs ed ia an a ir dan sumber air;
penyelesaian da n / a tau pengolahan res idu ; da n 7) jadwal pe l aksanaan pro ye k;
mem a stikan k ete rs ed ia a n Sampah dengan kapasitas mi nim a l k ee konomian PL TS a sesua i den ga n hasil pra studi kelayakan;
mem as tik a n metode pengolahan Sampah sesuai d enga n kebijakan d an str ategi Pengelolaan Sampa h d aera h pro v insi / ka bup a t en/ k ota serta ren cana induk da n st udi k elayakan P enge lol aan Sampa h d aera h pro vi nsi / k abupate n /kota; dan d . mem ast ik an ketersediaan lokasi pembangunan PL TS a dal am r encana ta ta ruang wi l ayah daerah pro vins i /ka bup ate n /kota.
D ala m menyusun pra s tu di kela ya k an sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a, Pemerintah D aera h dap at PRE S I DE N
Pasal 9
Pengelola Sampah dan Pengembang PLTSa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (2) wajib memenuhi perizinan di bidang lingkungan hidup dan perizinan di bidang usaha penyediaan te naga listrik se suai de ngan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Pengelola Sampah dan Pengembang PLTSa se bagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat di b erikan ke mudahan penerbitan izin prinsip pembangunan / konstruksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang - undangan.
Menteri Lingkungan Hidup dan Ke hutan a n, Ment e ri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Pe kerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ment e ri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, m en t eri serta kepala lembaga lainnya, dan Pemerintah Da erah terkait sesuai dengan kewenangannya m e mb e rikan dukungan perizinan dan nonperizinan serta penyederhanaann ya yang diperlukan Pengelola Sampah dan Pengembang PL TSa .
Perizinan dan nonperizinan kemen t erian dan lembaga se bagaimana dimaksud pada ayat (3) diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang percepatan pembangunan in frastruktur ketenagalistrikan. PR ES IDEN REPUBL IK IN D O N ES IA BABV PEMBELIAN TENAGA LISTRIK
Pasal 10
Setelah menugaskan atau menetapk an Pe ngelola Sampah dan Pengembang PLTSa, gubernur ata u wa li kot a sesuai dengan kewenangannya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6, mengusulkan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral untuk memberikan p en ugasan pembelian tenaga listrik PLTSa oleh PT PLN (Persero) dengan melampirkan dokumen yang memuat paling sedikit:
profil Pengelola Sampah dan Pen ge mbang PL TSa;
l okasi dan kapasitas PLTSa;
rencana Commercial Operation Dat e (COD); dan
surat penugasan Badan Usah a Milik Daerah atau pen eta pan pe menang kompetisi Pengelola Sampah dan Pengembang PLTSa.
Berdasarkan usulan gubernur ata u wali kota sebagaimana dimaksud pad a ayat (1), Me nt e ri Energi dan Sumber Da ya Mineral menu gas kan PT PLN (Persero) untuk membeli tenaga listrik dari Pen ge mbang PLTSa.
Penugasan PT PLN (Persero) sebagaimana dimaksud p ada ayat (2) meliputi:
penunjukan langsun g untuk pembelian tenaga listrik ol eh PT PLN (Pe rs ero); d an b. persetujuan h arga pemb e lian tenaga l istrik oleh PT PLN (Persero).
Terhadap penugasan PT PLN (Pe rsero) sebagaimana dirnaksud pada ayat (2), PT PLN (P ers ero) dapat diberikan kornp en sa si sesuai dengan ke tentuan peraturan pe rundang - undangan di bidan g badan usaha milik ne gara . PRE S IDEN REPUBLIK I N D ON E SIA
Pasal 11
Harga pembelian tenaga listrik ol eh PT PLN (Persero) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 ayat (3) huruf b ditetapkan berdasarkan besaran kapasitas PLTSa yang dijual kepada PT PLN (Persero) dengan ketentuan: a . untuk besaran kapasitas sampai de ngan 20 MW (dua puluh megawatt) sebesar USO 13 . 35 cent / kWh yang terinterkoneksi pada jaringan tegangan tinggi, jaringan tegangan menengah, atau jaringan tegangan rendah; atau
untuk besaran kapasitas lebih dari 20 MW (dua puluh megawatt) yang terinterkon e ksi pada jaringan tegangan tinggi atau jaringan tegangan me nengah dengan perhitungan sebagai berikut: Harga Pembelian (USO cent/kWh) = 14,54 - (0, 076 x be saran kapasitas PL TSa yang dijual ke PT PLN (Pers ero)).
Harga pembelian tenaga listrik oleh PT PLN (Persero) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sudah termasuk seluruh biaya pengadaan jaringan dari PLTSa ke jaringan tenaga listrik PT PLN (Persero).
Harga pembelian tenaga listrik oleh PT PLN (Persero) sebagaimana dimaksud pada ay at (1) merupakan harga yang digunakan dalam perjanjian ju a l beli tenaga listrik tanpa negosiasi dan tanpa eskalasi ha rga serta berlaku pada saat PLTSa dinyatakan telah m e ncapai tahap COD sesuai dengan jadwal yang telah dis e pakati dalam perjanjian jual beli tenaga listrik.
Ketentuan harga pembelian tenaga listrik oleh PT PLN (Persero) sebagaimana dimaksud pada ay at (1) dik e cualikan dalam ha! pembangunan PLTSa dilakukan melalui penugasan kepada Badan Usaha Milik Negara sebagaimana
Pasal 12
Hasil penjualan l is trik kepada PT PLN (P ersero ) m eru pakan h ak dari Pen gem ban g PLTS a. P asa l 13 PT PLN (Persero) wajib menandatangani p erja njian jual beli tenaga lis trik da lam jangka wa k tu paling la ma 35 (tiga puluh lim a) hari kerja sete lah surat penugasan p em belian te naga li strik da ri Menteri Energi dan Sumb er Daya Mineral sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 ayat (2) diterim a .
BAB VI
PENDANAAN
Pasal 14
Pe ndanaan yang dipe rlukan untuk percepatan pembangunan PLTSa, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Bel anja D ae rah, dan dapat didukung oleh Anggaran Pe ndapatan dan Bela nja N egara, dan/atau sumber lain yang sah sesuai dengan k eten tuan peraturan pe rundang-undangan. Pasal 15 (1) Pe ndana a n yang be rsumb er d ar i Angg ara n dan Pendapat a n Belanja Negar a sebaga im ana dimaksud dalam Pasal 14 digunakan untuk bantuan Biaya La yana n Pengolahan Sampah kep a da Pe merint ah D aera h.
B esa rn ya bantuan Bia ya Layanan Pengolahan Sampah se bagaimana dimaksud pada ayat (1) palin g tinggi Rp500 . 000,00 (lima ratus ribu rupiah) p er ton Sampah.
Alokasi anggaran untuk bantuan Bia ya La yana n Pe ngolah a n Sampah sebagaimana dim aksud pada ayat (2) diusulk a n ol eh Menteri Lin gkung an Hidup dan Kehutanan kepada Menteri Keuangan sesuai de ngan ket e ntuan peraturan pe rund a n g-u nd angan. PRE S IDE N REPLIBLIK IN D ON E S IA
BAB VII
DUKUNGAN PEMERINTAH
Pasal 16
Pengadaan tanah untuk pembangunan PLTSa oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan/atau Sadan Usaha dilakukan sesuai dengan ket e ntuan pe raturan perundang-undangan m e ng e nai pengadaan tanah ba gi pembangunan untuk kepentingan umum.
Pelaksanaan pengadaan tanah sebagaim a na dimaksud pada ayat (1) dilakukan sesuai dengan ket e ntuan peraturan perundang-undangan di bidang percepatan pembangunan infrastruktur ketenagali st rikan.
Pasal 17
Pembangunan PLTSa mengutamakan produk dalam negeri. penggunaan (2) Ketentuan mengenai penggunaan produk dalam negeri dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pera t uran perundang-undangan di bidang percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.
BAB VIII
PEMBINAAN DAN PENG A WASAN
Pasal 18
Dalam rangka percepatan pembangunan PLTSa, menteri / kepala lembaga terkait, Gubernur DKl Jakarta , Gubemur Banten, Gubemur Jawa Barat, Gubernur Jawa Tengah , Gubemur Jawa Timur, Gubemur Su l awesi Selatan, Gubemur Bali, Gubernur Sumatera Selatan, dan Gubemur Sulawesi Utara melakukan PRE S I DE N REPU BLI K IN D ON E SIA Pas al 19 (1) Untuk mendukung pelaksanaan per ce pa tan pe mbangunan PLTSa, dib e ntuk Tim Koordinasi Percepatan Pe laksan aa n Pemban g unan PL TSa yang selanjutn ya disebut Tim Koordin as i.
Tim Koordin a si me mpuny ai tug as me laku kan k oor din as i dan pengawasan serta me mb e rik an bantuan yang diperlukan unt uk kel a n ca r an pe rc ep atan pe lak sanaan pembangunan PL TSa.
Tim Koordinasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibentuk da n diketuai oleh Ment e ri Koordinator Bidan g Ke maritiman, dan Me nt e ri Koordinator Bi dang P ere konomian se bagai Wakil K et ua dengan anggota terdiri dari wakil Kem e nt e rian Ling kungan Hidup dan Ke hutanan , Kementerian En ergi dan Sumber D aya Min era l, Ke menterian Dalam N ege ri , Keme nt e rian Pe kerjaan Umum dan Pe rumah an Raky at, Kem enter i an Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kemen te rian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Ag raria dan T ata Ru an g/ Ba dan Pertanahan Nasional, Kemen te ri a n Pe ren ca naan Pe mb a ngunan Nasional / Sadan Per encanaa n Pembangunan Nasional, Sekr e taria t Kabinet, Badan Koordinasi Pe nan a man Mod a l, Bad an Pe ngkajian dan Penerapan Tek nologi, Lembaga K eb i jakan Pe ng a d aa n Barang/Jasa Pem e rint a h, dan instan si terkait lainnya.
Kete ntu a n le bih lanjut mengenai Tim Koordinasi sebagaimana dim aks ud pada ayat (1) di at ur den ga n Pe raturan Ment e ri Koordin ato r Bid a ng Kemaritiman selaku Ketua Tim Koordinasi. Pas a l20 Tim Koordinasi wajib men ya mpaikan laporan pe laks a na a n ko o rdinasi percepa ta n pembangunan PL TSa kepada Pr es id en secara berkala setiap 6 (e nam) bulan dan sewaktu-waktu apa bila dip e rlukan.
Pasal 21
Ketentuan dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pe laksanaan Proy ek Strategis Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 4) sebagaimana telah diubah dengan P eratu ran Pr es iden Nomor 58 Tahun 2017 ten tang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strat egis Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 119) berlaku bagi pelaksanaan pembangunan PLTSa di Kota Tang erang Selatan, Kota Bekasi, Kota Pa lembang , dan Kota Man ado .
Ketentuan dalam Peraturan Pr es iden Nomor 4 Tahun 2016 tentang Percepatan Pe mb a ng una n Infr astruktu r Ketenagalistrikan (Lembaran Negara Re publik Indonesi a Tahun 2016 Nomor 8) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pcrubahan atas Peraturan Pr es iden Nomor 4 Tahun 2016 tentang Perce pa tan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (L e mbaran Negara Republik Indonesi a Tahun 201 7 Nomor 27) berlaku bagi pe laksanaan pembangunan PLTSa dalam Peraturan Pr es iden ini.
BAB IX
KETENTUAN PERALIHAN Pas a l22 De ngan berlakunya Peraturan Presiden ini:
a. Perjanjian kerja sama Pengelolaan Sampah yang telah dilakukan antara Pemerintah Kota De npasa r , Pemerintah Kabupaten Badung, Pem e rin ta h Kabupaten Gianyar, dan Pemerintah Kabupatcn Tabanan s ebe lum berlakun ya Peraturan Presiden ini tetap berlaku , dan selanjutnya untuk ketentuan yang belum diatur dalam perjanjian kerja sama mengikuti ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pr e siden ini. PRE S IDEN REPUBLIK INDONESIA b . Pengelol a an Sa mpah di Kota B an du n g ya ng te lah dil a kuk an secara kerja sa ma antara Pem e rintah Pro v insi Jawa Barat, Pe merint ah Kot a Bandun g, Pem e rintah Kot a Cimahi, Pem eri nt ah Ka bupat en B an dun g, Pem erin ta h Kabupat en Bandun g Barat, Pem er int ah K ab up aten Sumedang , dan Pem e rintah Kabup ate n Ga ru t, y an g dil a ksanakan ol eh Pem e rintah Pro v insi J a wa Ba ra t se laku penanggung jaw a b pro y ek ker ja sam a m e lalui perjanjian ke rja sama te tap b e rl a ku , da n untuk se la njutn ya m e ngikuti ket e ntu a n sebaga im a n a diatur dalam P era turan Pr e siden in i.
c. Ba da n Us ah a ya n g telah m e nd a pa tk an pen eta pan seb ag ai Pe ng e mb a ng PLTSa dari Kementeri a n E ne rgi dan Sumb er Daya Min e ral, dap at m en g ajuk an p er m o honan pen y esuaian harga ke pad a Me nt eri En ergi dan Sumb er Daya Mineral paling lambat 1 ( sa tu) bulan se ja k Peraturan Pr e siden ini diundan g kan. d. Pe nu ga san kepada Ba da n U sa h a Milik D aera h / Ba dan Usaha Milik Ne gara y an g te lah dil a kuk a n dal am ra ngka per ce pat a n pe mbangunan PLTS a s ebelu m be rl a kun ya Pe ra t uran Pr es id en ini t eta p be rl a ku , dan untuk se lanjutn ya m e ngikuti kete ntu a n se b aga im a n a di at ur da la m Pe ratu ra n Pr esiden ini. BABX KETENTUAN PENUTUP Pa sa l23 Pada saat Pera turan Pr e sid en ini mul a i b er la ku , P era tur an Pr es id en No mor 18 Ta hun 2016 te nt a n g Per ce p ata n Pe mbangunan Pe mb a ngkit Listrik Berbasis Samp ah di Pro vi nsi DKI Jakarta , Kota Tangeran g, Kota Bandun g, Ko ta Semaran g, Kota Surakarta, Kota Surab aya , dan Kot a Maka ssar (Le mbaran Ne gara Republik Indonesia Ta hun 201 6 Nom or 35), di ca bu t da n din y at a kan tidak be rl a ku . Pa sal 24 Pe raturan Pr e sid en i ni mul a i berl a ku pada ta n gga l diundan g kan . PRE S IDEN REPUB L IK IND O N E SI A Agar setiap orang mengetahuin y a, memerintahkan pengundangan Peraturan Presiden ini den ga n penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indonesia. Diundangkan di Jakarta pada tanggal 16 April 2018 Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 12 April 2018 ttd. JOKO WIDODO MENTER! HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA, ttd. YASONNA H. LAOLY LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2018 NOMOR 61